fbpx
Speak Up

Zara Adhysti, Dibela atau Dicela?

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Menilik dari viralnya kasus Zara Adhysti, tanggapan yang beragam diberikan oleh netizen menimbulkan pro dan kontra. Banyak netizen yang bersimpati namun juga tak sedikit yang masih memberikan komentar kebencian.

Nah tim energibangsa.id mencoba untuk merangkum tanggapan para netizen terkait persoalan Zara ini. Dan berikut adalah tanggapan mereka :

“Itu masalah dia. Kenapa kita sebagai netizen yang pastinya hanya orang asing, yang kenal dia hanya dari layar kaca terlalu membesar-besarkan masalah tersebut, padahal mungkin kita juga pernah berada di posisi itu. Mereka melakukan itu yang rugi ya mereka sendiri,”

Sari, Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro

“Kalau kita melihat dari dampak tersebarnya video itu, balik lagi ke kondisi mentalnya Zara. Karena sanksi sosial itu parah banget dan bisa berpengaruh ke psikisnya dia. Seandainya kita memposisikan diri kita jadi dia, pasti kita tidak ingin dihakimi sampai segitunya,”

Tia Sahfira, Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
Tia Sahfira, Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro, Semarang

“Kalau misal itu bukan urusan kita, apalagi kita yang enggak mengenal dia secara personal. Jadi buat apa gitu kita mempermasalahkan yang sampai segitunya. Apalagi memberikan komentar yang bisa berpengaruh ke psikisnya dia”.

Filianas, mahasiswi Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Filianas, mahasiswi Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Natasya, mahasiswi dari STP AMPTA Yogyakarta.

“Setidaknya kalau memang niatnya ingin memberi nasihat, gunakan kalimat yang pantas, tidak menyudutkan apalagi menjurus ke bullying”. Ujar mahasiswi dari STP AMPTA Yogyakarta.

Salah satu mahasiswi dari Universitas Riau Kepulauan, Ninda menuturkan bahwa ia berada pada tim netral. Tidak menyalahkan namun tidak membenarkan juga.

Ninda, mahasiswi Universitas Riau Kepulauan

“Apalagi itu kan videonya enggak berselang lama langsung dihapus. Andaikan kalau netizen yang screen record engga menyebarkan, cukup yang tau mereka yang udah terlanjur melihat terus direct message kalau itu engga pantes buat di share, yaudah, selesai masalahnya. Nggak akan sampai sebesar ini masalahnya,“ pungkasnya.

Namun ada juga tanggapan berbeda yang diberikan. Rizki Wahyu, sebagai salah satu mahasiswa dari Universitas Dian Nuswantoro menuturkan bahwa apa yang dilakukan Zara itu salah, dan netizen yang memberikan komentar buruk juga tidak salah karena itu hak netizen dan sudah menjadi resiko dari yang Zara lakukan.

Rizki Wahyu, mahasiswa dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang

“Zara yang engga seharusnya nge-post story yang seperti itu, dan netizen yang ngehujat sampai segitunya juga engga salah. Itu resiko yang udah harus diterima Zara sebagai public figure, apalagi ia juga dianggap sebagai figur film sex education”.

Demikian sobat energi tanggapan para netizen diluar sana, kalau kamu beranggapan gimana nih soal Zara? [Tata/ EB]

Back to top button