Musik

Soyeon (G)I-DLE Dapat Royalti dari Hasil Lagu Plagiat, Netizen : Tak Tahu Malu

ENERGIBANGSA.ID –  Kembali pada Februari 2022, Soyeon memproduksi sebuah lagu berjudul “SUN” untuk program kompetisi MBC, “My Teenage Girl” yang akan dibawakan oleh tim kontestan selama final.

Akantetapi, Jeon Soyeon (G)I-DLE dikabarkan menuai banyak kritik setelah dirinya terungkap mendapatkan royalti dari lagunya yang dituding plagiat.

Hal ini berawal saat seseorang menunjukan bukti kesamaan antara lagu tersebut dengan hit “WAVE” yang dirilis ATEEZ pada tahun 2019 lalu.

Seseorang tersebut kemudian melaporkan pada agensi ATEEZ, KQ Entertainment.

Laporan tersebut kemudian ditanggapi KQ Entertainment melalui pernyataan resmi yang menjelaskan, sementara produser asli Eden-ary telah dikreditkan dengan benar baik Soyeon maupun MBC sebelumnya tidak meminta izin untuk menggarap lagu tersebut.

Sumber : officiallykmusic

Menyusul pernyataan KQ Entertainment, dilansir WowKeren CUBE Entertainment juga menanggapi tuduhan plagiarisme.

Mereka menjelaskan bahwa agensi telah berusaha untuk mengubah situasi.

Soyeon juga secara pribadi mengakui kesamaan dalam sebuah postingan online dan dengan tulus meminta maaf kepada komposer asli, artis, dan penggemar atas keresahan yang ditimbulkan.

Masalah tampaknya terselesaikan, dengan “SUN” kembali tersedia di platform streaming meski minat publik telah berkurang.

Tak selesai sampai di situ. Hal mengejutkan kembali terjadi setelah mendengar kabar bahwa Soyeon terdaftar di Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA) sebagai produser.

Tangkapan layar dari lagu “SUN” yang dikreditkan dan dilindungi hak cipta atas nama Soyeon beredar di media sosial.

Soyeon dituding memonetisasi atau mendapatkan royalti dari lagu hasil plagiat.

Mengutip salah satu tangkapan layar yang menampilkan detail hak cipta lagu dengan KOMCA, juga ditunjukkan bahwa Soyeon mendaftarkan dirinya sebagai salah satu penyanyi cadangan, mengklaim hak penuh atas produksi dan penampilan “SUN”.

Dengan mengklaim kepemilikan “SUN,” Soyeon secara teknis bisa menghasilkan pendapatan berlisensi melalui setiap dan semua penggunaan lagu tersebut.

Beberapa orang mempertanyakan kenapa “SUN” tidak dikreditkan atas nama Eden-ary, produser lagu yang diplagiat.

Ada pula yang menyebut perilaku Soyeon tak tahu malu.

Related Articles

Back to top button