fbpx
ReviewWisata & Kuliner

Soul Cafe; Tempat Nongki Berkonsep Hommy

Soul Cafe ini tempatnya cozy buat nongkrong cantik, harga hemat gak bikin panik

Hapsari, pengunjung

ENERGIBANGSA.ID – Makin ke sini kerja tidak lagi harus datang ke kantor, apalagi di masa pandemi. Anak-anak muda milenial yang memulai bisnis dan kerja mereka di co-working space, juga lebih memilih kerja di cafe.

Namun sayangnya, tidak semua cafe bisa memenuhi standar untuk memfasilitasi keperluan dan memberikan kenyamanan dalam bekerja. Seperti kebisingan, suasana ramai yang keterlaluan, dan juga harga yang mengoyak stabilitas perekonomian.

Nah, Soul Cafe menawarkan konsep cafe yang unik. Suasana cafe yang hommy layaknya rumah sendiri, nuansa damai dan tenang, sekaligus harga makanan dan minuman yang terjangkau.

Nama Soul Cafe

Dilihat dari namanya saja; Soul Cafe, sudah cukup unik dan menarik perhatian. Soul, artinya jiwa, sehingga Soul Cafe menawarkan kenyamanan dan relaksasi untuk jiwa para pengunjungnya.

Suasana di dalam Soul Cafe pun mendukung kenyamanan itu, kursi-kursi sofa tertara rapi, seakan memberi isyarat dan pesan kepada pelanggan “nikmati suasana nyaman seperti di rumah sendiri”

soul cafe nongki sante
gambar dari instagram dan facebook Soul Cafe (doc soul safe)

Menurut Ratih Pratiwi, owner Soul Cafe, dinamai demikian karena memang pesan yang ingin disampaikan adalah “tenangkan jiwa Anda, jiwamu butuh ruang, jangan hanya merasakan (galau kehidupan),” jelasnya kepada kru energibangsa.id

Tarif dan Menu Makanan

Selain suasana yang nyaman, yang harus dipertimbangkan dalam memilih tempat nongki-nongki syantik adalah harganya jangan sampe mengoyak stabilitas ekonomi, apalagi di masa pandemi. Kita harus berhemat!

Nah, untungnya harga menu-menu di Soul Cafe ternyata sangat terjangkau, sobat energi. Mulai dari 5 ribu rupiah. Bayangkan! untuk selevel Cafe kekinian, es teh-nya ditarif 5 ribu rupiah, gaeeeees.

soul cafe nongki sante
salah satu menu yang ada di Soul Cafe (doc istimewa)

Bahkan, kalau sobat energi pesennya teh tawar, harganya cuma 3 ribu aja! Ini sobat-sobat missqueen lebih dari sekedar sanggup untuk membayar dan nongkrong di Soul Cafe.

Tapi jangan salaaaaah, justru yang datang di sana rata-rata adalah pebisnis muda, akademisi, politisi, dan profesional ternama. Sebutlah StartUp Tajeer.id, dosen-dosen muda Semarang, bahkan Wakil Rektor UNDIP juga sering ‘nongkrong’ di sana.

Dari sisi politisi, ada Ketua DPD Golkar Jateng, ex Direktur Jendral Kementrian Perindustrian RI, DPD RI, DPRD Jateng, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, harga makanan yang cukup murah, yang mulai dari 10 ribuan, juga jadi daya tarik tersendiri. Margin oriented bukan jadi fokus utama di Soul Cafe.

Hanya ingin dikenal masyarakat, itulah point utama yang ingin dicapai Soul Cafe saat ini. Penerimaan dan pemahaman masyarakat bahwa cafe itu serba mahal, akan terpatahkan saat berkunjung ke Soul Cafe.

Kamis, 20 Agustus 2020 adalah ketiga kalinya kami menginjakkan kaki di Soul Cafe. Tampak luarnya nampak biasa saja. Ada meja kursi di luar, ada pula pilihan menu Boba, Milk Tea, dan minuman Kopi yang tersaji dengan sistem take away di luar.

soul cafe nongki santai semarang
reviewer saat mencoba menu kopi dan snack soul cafe (doc pribadi)

Nah, saat masuk ke dalam, kami langsung disambut dengan waiters yang senyum, salam dan sapanya sangat meneduhkan. Sampai tempat duduk, kita pencet tombol “kring kring kring…” mereka akan segera datang, Ini cara membangun customer experience yang unik!

Menu Recommended

Menu yang ditawarkan di Soul Cafe sangat variatif, mulai dari menu Western alias kebule-bulean, menu Selera Nusantara seperti Nasi-nasian (orang Indonesia kalau belum makan nasi, dianggap belum makan, gaes), hingga menu makanan ringan.

Menurut informasi dan hasil riset pegawai di sana, menu yang paling recommended dan best seller di Soul Cafe adalah orak-arik nasi pedo. Nah, menariknya, menu-menu di Soul Cafe disajikan fresh dengan bahan alami siap saji.

Tanpa bermaksud memuji, tidak berlebihan kiranya jika kami menyebut Soul Cafe merupakan pelopor Cafe dengan sajian Frozen Food di daerah Kota Semarang, karena menu-menunya juga bisa dibeli dan dibawa pulang dalam bentuk “mentah” di sana. Nah, unik kan?

soul cafe nongki santai semarang

Jadi, saat saya merasa makanannya enak, saya juga bisa membawa pulang bahan bakunya untuk dimasak di rumah. Ini menarik! Soul Cafe betul-betul Cafe dengan konsep dan paket komplit yang pernah ada.

Cafe Komplit

Ratih Pratriwi, owner Soul Cafe yang juga merupakan dosen ekonomi di salah satu perguruan tinggi swasta di Semarang itu menyebut bahwa konsep Soul Cafe juga merupakan kawah candradimuka bisnis bagi mahasiswa-mahasiswinya.

“ekosistem di cafe ini saya anggap sebagai laboratorium kewirausahaan mahasiswa, sehingga mereka yang ingin merintis bisnis bisa menggunakan cafe ini sebagai co-working space, tempat mereka bekerja,” terangnya sembari menunjukkan varian-varian bisnis Soul Cafe di Nadita Corp miliknya.

“yang suka masak di rumah bisa beli daging, olahan daging, dan frozen food di sini, dan yang tidak suka masak tapi suka makan cukup duduk manis dan panggil waiters kami, makanan akan tersedia,” lanjutnya.

VIP Room Gratis

Oiya, for your information. di Soul Cafe juga ada VIP Room, semacam mini room meeting dengan 7 orang, dan kabar baiknya: tidak ada tambahan biaya untuk memakainya. Wow, Ini sebuah layanan yang istimewa!

Sebagai penutup, kami memahami konsep Soul Cafe sebagai semesta kecil yang diciptakan untuk membentuk sebuah ekosistem bisnis makanan frozen food dan artisan drink.

soul cafe tempat nongkrong semarang
nampak depan, soul cafe tempat nongkrong semarang (doc pribadi)

Ketika Anda ke Soul Cafe, di sana Anda akan melihat Nadita frozen (frozen food), Kuniku Meat (daging fresh premium), Bobaho (Milktea), dan Rumah Kopi (all variant coffee) dalam pelukan semesta bernama Nadita Corp.

Ini tidak sederhana, karena Soul Cafe seperti menyatukan puzzle-puzzle yang berbeda, namun Soul Cafe mencoba mempersembahkannya kepada Anda dengan caranya. Penasaran? Datang saja! Soul Cafe ada di Jl Durian Selatan II, No 31, Banyumanik, Srondol Wetan, Semarang. Klik di sini untuk mendapatkan lokasinya.

Related Articles

Back to top button