Social Proof, Strategi Pemasaran yang Harus Kamu Tahu (Foto: Travel Kompas)
Social Proof, Strategi Pemasaran yang Harus Kamu Tahu (Foto: Travel Kompas)
Ekonomi & Bisnis

Social Proof, Strategi Pemasaran yang Harus Kamu Tahu

0

ENERGIBANGSA.ID – Pernahkah Sobat Energi pada suatu hari melewati orang-orang yang sedang berkerumun di tepi jalan? Apa yang Sobat Energi lakukan?

Kami yakin pasti sebagian besar Sobat Energi akan turut memperhatikan kerumunan tersebut. Atau mungkin akan menuju kerumunan itu untuk mengetahui apa yang sedang terjadi.

Hal ini lumrah terjadi sebab manusia adalah makhluk yang “latah” dan mudah terpengaruh. Dalam ilmu marketing, keadaan ini dinamakan social proof.

Mengutip informasi dari Indonesiago, social proof dapat diartikan sebagai pengaruh positif yang dirasakan seseorang ketika melihat orang lain melakukan sesuatu. Dalam keseharian, contoh social proof dapat dilihat dari kecenderungan seseorang memilih tempat makan yang selalu ramai.

Perilaku social proof ini bisa menjadi hal yang bermanfaat terutama dalam dalam bidang penjualan sebagai strategi pemasaran. Hal ini dapat diterapkan pada penjualan online maupun offline.

Social proof membantu mengonversi penjualan yang Sobat Energi miliki. Dari yang awalnya hanya sekadar melihat-melihat menjadi tertarik untuk membeli setelah melihat orang lain melakukan pembelian.

Energibangsa.id mengutip survei yang dilakukan oleh Nielsen pada 2013, kecenderungan seseorang untuk berbelanja online didasarkan oleh ulasan pembeli lain. Menurutnya, 68 persen calon pembeli mengandalkan ulasan dan rekomendasi orang lain sebagai tolok ukur.

Ulasan dari pembeli dapat mempengaruhi sikap pembeli lain (Foto: https://shopee.co.id/reylman.id)

Contoh lain dari penggunaan social proof pada penjualan dapat diterapkan dengan cara labelling. Taruhlah produk Sobat Energi dalam etalase kemudian beri label “Best Seller“. Mayoritas pembeli akan tertarik karena merasa yakin produk ini telah terverifikasi oleh pembeli sebelumnya.

Penggunaan kalimat hiperbola juga memiliki andil dalam social proof. Kalimat “jutaan pengguna telah menggunakan produk ini; ratusan orang telah telah merasakan khasiatnya; atau 100 produk terjual setiap menit” sangat mempengaruhi perilaku calon pembeli.

Opini yang diberikan oleh para ahli atau influencer juga termasuk dalam social proof. Contohnya ketika melihat Suhay Salim memposting produk skin care yang membuat kulitnya tampak mulus. Secara psikologis, Sobat Energi akan mencari tahu produk tersebut dan terpengaruh untuk ikut menggunakannya. Atau paling tidak membuka laman webnya, yang secara tidak langsung Suhay Salim turut meningkatkan traffic kunjungan web tersebut.

Beauty influencer Janine Intansari mempromosikan produk

Strategi social proof adalah salah satu cara yang efektif dan menarik untuk dilakukan. Dengan optimasi ini semoga semakin banyak konversi penjualan yang tercipta. Sebarkan ilmu ini ke Sobat Energi yang lain, ya.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Dapat Pinjaman dari Bank Dunia, Kemenag Benahi Kualitas Pendidikan Madrasah

Previous article

Erick Thohir Semakin Menginspirasi Anak Bangsa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.