fbpx
Bincang-BincangKita Indonesia

Soal UU Cipta Kerja, Begini Tanggapan Wakil Ketua DPRD Jepara

Jangan sampai kita terperangkap dalam permainan politik yang tidak produktif.

KH Nuruddin Amin, Ketua DPC PKB Kab Jepara, Wakil Ketua DPRD Jepara

Jepara (energibangsa.id) – Berbagai aksi demonstrasi tolak UU Cipta Kerja berakhir ricuh, namun di Jepara aksi protes PC PMII Jepara disampaikan dengan cara damai, bahkan sesuai protokol kesehatan.

Wakil Ketua DPRD Jepara, KH Nuruddin Amin, atau yang lazim disapa Gus Nung pun memuji aksi damai PC PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) itu.

Bagaimana tanggapan Ketua DPC PKB Jepara ini terkait dengan UU Cipta Kerja? Berikut wawancara eksklusif tim energibangsa.id dengan Gus Nung:

Sebagai Pimpinan DPRD Jepara, bagaimana pendapat Gus Nung mengenai aksi damai PC PMII kemarin?

“saya angkat jempol terhadap teman-teman PC PMII Jepara, yang demo dengan cara santun, beradab dengan tetap bebas menyampaikan pendapat,”

Secara substansi, apa yang kurang dari UU Cipta Kerja?

“secara subtansi, UU Cipta Kerja ini memang masih membutuhkan waktu untuk dipahami secara utuh, dan memang kurang sosialisasi kepada masyarakat. Semua pendapat yang berkembang dari adik-adik PMII ini sangat bagus untuk menyempurnakan keberadaan UU tersebut. Ini juga akan jadi masukan bagi kami dalam menyampaikan aspirasi ke DPR RI.

Soal UU Cipta Kerja ini, apakah Gus Nung setuju?

“masalahnya bukan soal setuju atau tidak setuju. UU Cipta Kerja ini sudah disahkan DPR RI. Bapak Presiden Jokowi juga sudah menjelaskan dan meluruskan soal ini. Masalahnya adalah banyak sekali yang belum memahami UU ini. Apalagi banyak sekali kepentingan politik yang menyertainya, sehingga banyak hoax yang memelintir pasal-pasal dalam UU tersebut.”

Apa Harapan Gus Nung Kepada Masyarakat soal UU ini?

“kami berharap masyarakat melakukan kajian yang mendalam dan sungguh-sungguh terhadap UU Cipta Kerja, (pahami) dari sumber-sumber terpercaya yang telah disahkan dari DPR RI. Karena mengiringi hal itu, banyak sekali berita-berita hoax dan berita provokasi negatif mengenai isi UU cipta kerja.”

Apakah ada pesan khusus dari Gus Nung soal pemahaman UU Cipta Kerja kepada semua lapisan masyarakat?

“pertama, kita tidak boleh larut dengan hoax. Kedua, kita harus memahami dengan jernih, pasal demi pasal secara akurat. Ketiga, kalau sudah paham dan kita memang tidak setuju, kita bisa bangun kekuatan untuk melakukan judicial review. Langkah-langkah ini (bisa) kita tempuh dengan benar-benar konstruktif, jangan sampai kita terperangkap dalam permainan politik yang tidak produktif.”

(ghani/EB)

Related Articles

Back to top button