fbpx
Nasional

Soal Kunjungan Diplomat Jerman di Markas FPI, Kedubes Jerman Minta Maaf

JAKARTA, energibangsa.id—Kementerian Luar Negeri RI telah memanggil Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Jerman di Jakarta untuk meminta klarifikasi dan protes kunjungan stafnya ke markas Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan, Jakarta.

Menanggapi panggilan, pihak Kedubes telah menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia. Melalui pernyataan yang diposting di Twitter pada Senin (21/12), Kedubes menyatakan mereka menyesalkan tindakan diplomatnya.

Pihaknya menyebut sang diplomat yang berusaha mencari informasi mengenai situasi tanpa berkoordinasi dengan pihak Kedutaan.

Menyesal atas peristiwa itu

“Kedutaan Besar Jerman menyesalkan kesan yang ditimbulkan di atas insiden tersebut, baik kepada publik maupun mitra kami di Indonesia. Kami menjamin tidak ada niat politik apapun dalam kunjungan tersebut,” demikian tulisan tertulis Kedutaan Besar Jerman, Minggu (20/12).

Lebih lanjut, dalam pernyataannya, Kedubes menyatakan mereka bahwa segala upaya untuk menginstrumentalisasi kejadian demi tujuan politis.

“Kedutaan menghargai hubungan bilateral yang sangat baik dan kerja sama yang erat dengan Indonesia, dan sama sekali tidak mencampuri urusan internal Indonesia. Kami telah berkomunikasi dengan otoritas Indonesia yang mengancam untuk perihal ini dan meyakini bahwa kasus dapat diperjelas untuk semua pihak,” bunyi pernyataan tersebut .

Dalam pembicaraan dengan Kementerian Luar Negeri RI pada Minggu (20/12), kata rilis itu, Kedubes mendukung Indonesia dalam suka rela antaragama dan upaya deradikalisasi.

Pertemuan pribadi diplomat

Kepala Perwakilan Kedubes Jerman menyatakan pertemuan itu dilakukan atas inisiatif pribadi sang staf tanpa mendapatkan perintah atau sepengetahuan pimpinan Kedubes.

Lewat kesempatan itu, dia meminta maaf dan mengungkapkan penyesalan atas kejadian tersebut. Dia juga menyangkal isi pernyataan yang disampaikan salah satu pimpinan FPI. (*)

Related Articles

Back to top button