fbpx
Kabar Daerah

Soal Kasus Sengketa Warga Cebolok, Begini Tanggapan Ketua Komisi A DPRD Mohammad Saleh

SEMARANG, energibangsa.id—Warga Cebolok di Jalan Gajah Raya Kota Semarang mengaku resah terkait isu penggusuran yang dilakukan oleh pihak terkait.

Pasalnya, kasus sengketa tanah antara warga dengan pengembang hingga saat ini belum menemukan titik temu.

Merasa resah, warga yang didampingi LSM Gerakan Masyarakat Pembela Kebenaran (GMPK) Jawa Tengah berdialog dengan DPRD Provinsi Jawa Tengah, di ruang rapat pimpinan Gedung Berlian, Rabu (17/2/2021).

Hadir menyerap aspirasi masyarakat, Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jateng Mohammad Saleh dan anggota Komisi A Dwi Yasmanto.

Tanggapan Ketua Komisi A

Seusai dialog, Ketua Komisi A Mohammad Saleh mengatakan segera memberikan pelaporan pada pimpinan dewan.

“Kami dari Komisi A, sesuai apa yang diutarakan tadi, atas masukan-masukan itu kami akan lapor ke pimpinan. Terutama, terkait masalah warga itu”, ungkap Saleh, politisi Partai Golkar saat ditemui energibangsa.

Saleh menjelaskan, kalau terkait masalah perijinan, baik dinas lingkungan hidup atau dinas permukiman, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Semarang.

Masalah sengketa tanah warga Cebolok menurut Saleh, adalah kewenangan Pemerintah Kota Semarang. Oleh karenanya, terkait masalah penggusuran Saleh akan melakukan kroscek tahapan-tahapannya terlebih dahulu.

“Dari Satpol PP Provinsi saya minta kroscek pada Satpol PP Kota Semarang. Apa benar tahapan-tahapannya seperti diutarakan warga itu? Atau seperti apa, dari pihak Satpol PP itu sendiri”, terangnya.

“Sehingga nanti satpol PP berkoordinasi dengan Satpol PP Kota Semarang.”, imbuhnya.

Sementara ditanya terkait keabsahan legalitas tanah warga, Saleh menyatakan itu bukan kewenangannya.

“Kami tidak pada porsi, sertifikat itu absah atau tidak? Itu ranahnya pengadilan. Kalau temen-temen warga sudah mempermasalahkan di pengadilan, maka itu ranahnya pengadilan. Biar pengadilan yang membuktikan sah atau tidak”, pungkas Saleh. (*)

Related Articles

Back to top button