fbpx
Kabar IndonesiaNasional

Soal Terorisme, Ketua Komisi A DPRD Dorong Kesbangpol Jateng Lakukan Deteksi Dini

SEMARANG, energibangsa.id – Pusat latihan kelompok teroris Jemaah Islamiyah (JI) di Bandungan, Kabupaten Seamrang, Jawa Tengah berhasil diringkus oleh Detasemen Khusus 88 (Densus 88) Antiteror Polri.

Pada Minggu (27/12), ditemukan sekelompok anak muda yang berlatih bela diri serta persenjataan. Mereka melakukan simulasi penyerangan orang yang dianggap very very important person (VVIP).

Pusat latihan di Bandungan tersebut nampak disiapkan dengan sangat detail, ada juga pelatih untuk membentuk para anggotanya terampil dalam membela diri menggunakan pedang hingga perakitan bom.

Deteksi Dini

Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah, Mohammad Saleh ST, mengapreasi kinerja Densus 88 yang berhasil meringkus pelaku pusat latihan jaringan teroris tersebut.

“pada prinsipnya, saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Densus 88 yang berhasil meringkus (pelaku) pusat latihan teroris di Bandungan,” ujarnya saat dihubungi energibangsa.id via seluler.

Politisi yang akrab disapa Bang Saleh itu juga berharap Kesbangpol Provinsi Jateng melakukan pembinaan idelogi dan deteksi dini terhadap bibit-bibit radikalisme di Jawa Tengah.

“terutama di daerah-daerah, anak-anak muda ini harus dikawal dan diedukasi baik-baik,” jelasnya.

Optimalisasi Sosmed

Mohammad Saleh menyebut, Kesbangpol Jateng memiliki tugas dalam pembinaan, fasilitasi dan pelaksanaan tugas di bidang ideologi dan kewaspadaan, ketahanan bangsa, politik dalam negeri di lingkup provinsi dan kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Politisi Partai Golkar itu juga mendorong Kesbangpol Jateng untuk mengoptimalkan sosial media Kesbangpol bisa menjangkau masyarakat dan anak-anak muda di Jawa Tengah.

“kalau pendekatan ke anak-anak muda masih pakai cara lama, ya kurang efektif, pendekatan ke generasi jaman now harus mengoptimalkan sosial media, apalagi sekarang eranya sudah era digital,” pungkasnya. (*)

Related Articles

Back to top button