Ekonomi & BisnisKabar Indonesia

Soal Gaji ke-13, PNS Harus Berterimakasih pada Megawati

ENERGIBANGSA.ID – Sebagaimana diketahui bersama, profesi PNS menjadi impian banyak orang di Indonesia. Setiap pembukaan tes masuk CPNS saja, masyarakat berbondong-bondong untuk mendaftar ikut tes.

Tingginya minat masyarakat menjadi PNS dikarenakan berbagai faktor. Mulai dari faktor sosial, hingga faktor finansial yang dinilai mumpuni. Mereka tertarik untuk menjadi PNS karena sejumlah fasilitas dari negara siap diberikan, seperti tunjangan pensiun, tunjangan kinerja, serta fasilitas kesehatan.

Apalagi sejak ada gaji 13 bagi ‘pengabdi negara’, profesi PNS semakin menjadi primadona dan salah satu tolak ukur menantu idaman di Indonesia.

Dari data terbaru Badan Kepegawaian Negara (BKN), jumlah PNS per Desember 2019 jumlahnya ada 4.189.121 pegawai. Jumlah ini paling rendah selama 10 tahun terakhir, paling tinggi pada tahun 2010 dengan jumlah keseluruhan 4.598.100 orang.

Menariknya, meski kebijakan Ibu Megawati Soekarno Putri selama menjabat Presiden RI sering dikritik, namun ternyata beliau meninggalkan kebijakan yang layak disyukuri oleh semua aparat sipili negara.

Dikutip dari detikcom ternyata kebijakan Gaji 13 bagi PNS atau Pegawai Negeri Sipil dalam catatan sejarahnya pertama kali diberikan pada tahun 2004 di masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Pada tahun 2004, gaji ke-13 pertama kali diberikan kepada PNS dan pensiunan. Jauh sebelum itu PNS tidak menerima gaji 13.

Related Articles

Back to top button