Teknologi

SMK NU Maarif Kudus Ciptakan Mobil Listrik Ev-Greend Ramah Lingkungan

ENERGIBANGSA.ID – Saat ini kita telah memasuki era Revolusi Industri 4.0 dimana perkembangan teknologi kian pesat. Guna mengimbangi hal tersebut tentu diperlukan berbagai persiapan termasuk mempersiapkan anak muda bangsa agar siap menghadapi persaingan di dunia industri.

Untuk mewujudkan hal tersebut tentu tak lepas dari peran Lembaga pendidikan. Mereka menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan anak muda bangsa ini. Sistem pengajaran yang baik akan memotivasi para siswa untuk berani mengeksplor kreativitas mereka lebih luas.

SMK NU Ma’arif Kudus merupakan salah satu bukti nyata mengenai peran penting lembaga pendidikan dalam mempersiapkan generasi yang siap bersaing di dunia industri. Baru-baru ini, SMK NU Ma’arif Kudus berinovasi merancang mobil listrik yang dinamakan dengan Electrical Vehicle Green atau Ev-Green.

Dikutip dari detik.com Mobil Ev-Green ini merupakan hasil inovasi guru dan siswa SMK jurusan teknik kendaraan ringan otomotif (TKRO). Mobil listrik ini dikembangkan sebagai bentuk pelaksanaan atas amanat yang diberikan oleh Direktorat Kementerian Pendidikan yaitu sekolah pembelajaran dengan model STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics).

Meski mobil ini merupakan karya anak SMK tapi tak bisa dianggap remeh karena kapasitas mesin mobil Ev-Green mencapai 15 sampai 30 KW. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan pengontrol atau controller yang berfungsi untuk mengontrol kecepatan serta perubahannya.

Menurut keterangan yang disampaikan pihak sekolah sejauh ini pihaknya masih terus melakukan riset soal kecepatan mobil Ev-Green.

Bahkan ke depannya SMK NU Ma’arif juga berencana membuat charging untuk mobil listrik agar tahan lama dan awet sehingga bisa stabil daya listriknya. Selain itu, pihak sekolah juga berencana membuat beberapa unit mobil listrik, untuk kepentingan mobilisasi sekolah serta tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat sekitar.

Wahhh, keren ya, sobat energi. Hal ini semakin menunjukkan bahwa sumber daya manusia di SMK NU Maarif Kudus memang bisa diandalkan.

Related Articles

Back to top button