fbpx
InternasionalWisata & Kuliner

Singapura Dibuka, Ini Syarat Traveller Asing Main kesana!

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Mulai  hari ini atau tepatnya tanggal 1 September 2020, Singapura mulai memperbolehkan pengunjung  dari luar untuk kembali datang.

Secara perlahan negeri berikon singa itu mulai membuka kembali perbatasannya untuk turis asing.  

Meski begitu, tidak semua bisa masuk untuk berkunjung. Hanya terbatas untuk sejumlah negara  yang sesuai dengan kebijakan negara.

Melihat dari situs resmi pemerintah Singapura, Senin (31/8/2020), negara-negara yang berhasil mengontrol virus corona sajalah yang diberi izin untuk memasuki singapura.

“Kami telah memonitor situasi dan memastikan sejumlah negara yang berhasil mengontrol corona dan kemungkinan penularan virus rendah. Kami akan memperbaharui kontrol akan perbatasan sesegera mungkin,” ujar Menteri Kesehatan Singapura, Gan Kim Yong.

Bagi sejumlah negara yang diperbolehkan, dapat mendaftar untuk mendapatkan Air Travel Pass (ATP), yang memungkinkan wisatawan untuk masuk Singapura tanpa harus menjalani karantina.

Tetapi traveler harus tetap dites COVID-19 pada saat kedatangan untuk bisa dibolehkan beraktivitas di Singapura setelah hasil tes terbukti negatif.

Berikut adalah daftar negara yang diperbolehkan masuk ke singapura sebagaimana yang telah dihimpun tim energibangsa.id dari berbagai sumber:

1. Brunei Darussalam dan Selandia Baru

– Harus berada di Brunei atau Selandia Baru selama 14 hari terakhir.

– Dapat menunjukkan Air Travel Pass (ATP) ke pihak maskapai.

– Wajib menjalani tes PCR seharga USD 220 atau setara dengan Rp 3,2 juta.

– Apabila harus mengikuti perawatan COVID-19, wajib membayar biaya medis.

Izin ATP ini tak berlaku untuk warga Singapura, Permanent Resident dan pemegang Long Term Pass.

2.Australia (kecuali negara bagian Victoria), Macao, China, Taiwan, Vietnam, Malaysia

– Wajib mengkarantina diri selama 7 hari di Singapura.

– Diiznkan menentukan lokasi karantina di Singapura dan wajib mengikuti tes COVID-19 usai masa karantina.

Traveler dari negara di luar yang disebutkan wajib melakukan karantina di lokasi yang ditentukan oleh pihak Pemerintah dan wajib mengikuti tes COVID-19 usai masa karantina.

Cara mendapatkan ATP:

ATP hanya bisa didapatkan oleh wisatawan yang berasal dari Brunei Darussalam dan Selandia Baru melalui situs https://safetravel.ica.gov.sg antara 7-30 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Permohonan ATP itu sendiri baru bisa dilakukan terhitung sejak tanggal 1 September untuk kedatangan pada 8 September dan tanggal setelahnya.

Nah sobat energi yang sedang merencanakan liburan ke Singapura kini sudah menerima kunjungan wisatawan dari luar.

Atau mungkin yang ada urusan pekerjaan ke  negara yang perbatasan dengan kepulauan Riau Indonesia ini pun  kini sudah dibuka kembali. Tapi Jangan lupa lihat syaratnya dan selalu jaga kesehatan ya… (buddy/EB).

Related Articles

Back to top button