fbpx
Film dan Hiburan

Simak Sinopsis Film ‘76 Days’: Perjuangan Lawan Covid-19 pada Hari Pertama

ENERGIBANGSA.ID—Pada 23 Januari 2020 lalu, pemerintah China mengunci wilayah kota Wuhan akibat penyebaran virus Covid-19.

Momen awal dari pandemi itu tergambar dalam film dokumenter ‘76 Days’. Film itu menceritakan situasi perjuangan tim medis profesional dalam melawan virus yang menjadi penyebab wabah pneumonia Wuhan.

Pneumonia Wuhan adalah sebutan wabah sebelum Badan Kesehatan Dunia (WHO) ‘melabeli’ dengan Covid-19 dan ditingkatkan menjadi pandemi.

Kasus pneumonia Wuhan terus meningkat setelah penemuan kasus pertama pada Desember 2019. Pun, pemerintah China mengunci wilayah kota berpenduduk 11 juta tersebut dan sekitarnya pada 23 Januari 2020.

Lockdown Pertama

Keputusan China tersebut menjadi lockdown pertama di dunia terkait Covid-19 dan baru dibebaskan pada 22 Maret, atau dua bulan penguncian wilayah.

Saat itu, tim medis Wuhan harus berjuang menangani lonjakan pasien dengan keterbatasan pengetahuan atas penyakit baru tersebut.

Sementara di sisi lain, dunia medis dan pemerintah setempat berusaha mati-matian mencegah angka terus melonjak.

Tidak hanya itu, film dokumenter ini juga menggambarkan perjuangan pasien-pasien Covid-19 dan dalam bertahan hidup menghadapi penyakit yang menjadi krisis kesehatan terparah.

Debut pada Akhir Desember 2020

Dokumenter ‘76 Days’ pertama kali debut pada 4 Desember 2020 lalu. Film itu tayang di Toronto International Film Festival 2020 pada 14 September 2020 silam.

Film ini yang digarap oleh Hao Wu, Weixi Chen, dan seorang anonimus itu menuai pujian dari para kritikus. Adapun, kesuksesannya tak lepas dari karya Wu, dan gambarnya diambil oleh anonimus serta Chen. (Nicola/EB)

Related Articles

Back to top button