fbpx
Kabar Daerah

Simak Resep Akreditasi “Jamu Komplit”ala LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah

SEMARANG, energibangsa.id—Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif PWNU Jawa Tengah menyelenggarakan evaluasi akreditasi secara virtual, Sabtu (23/1/2021).

Penyelenggaraan tersebut menghadirkan dua narasumber, antara lain Mustain dan Ibu Hj. Amiroh Ambarwati.

Secara umum, akreditasi sekolah atau madrasah merupakan penilaian terhadap mutu lembaga pendidikan.

Akreditasi bisa disebut suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan yang menjalankan delapan standar nasional pendidikan.

Di bawah LP Ma’arif PWNU Jateng sendiri, banyak sekolah atau madrasah yang sukses mendapatkan peringkat akreditasi A. Hal ini menjadi penting dan perlu digali ilmunya bagi sekolah atau madrasah yang masih mendapat predikat akreditasi C.

Sebagai best practice dalam acara ini adalah MI Al-Falah 02 Sirkandi Banjarnegara yang mencapai lompatan yang baik dari nilai akreditasi C menjadi A. Hal itu disampaikan Kepala MI Al Falah 02 Warsono.

Resep ‘Jamu Komplit’

“Akreditasi bagus itu resepnya adalah JAMU KOMPLIT (Jaminan Mutu, Kompetensi, Personality, dan Literasi) sebagai faktor keberhasilannya,” kata dia.

Acara diikuti oleh pengawas madrasah/sekolah penggerak Ma’arif Jateng dan 39 kepala Madrasah/Sekolah piloting akreditasi BAN S/M Jateng.

Acara dibuka oleh Wakil Ketua LP Ma’arif Jateng, Fakhrudin Karmani. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa madrasah/sekolah piloting BAN S/M ini akan menjadi bekal penting untuk madrasah/sekolah yang akan melakukan akreditasi mendatang.

Ia juga mengingatkan kepada pengawas penggerak untuk selalu memberikan pendampingan kepada Madrasah/sekolah Ma’arif, dan pengurus Maarif akan menyiapkan strategi pendampingan yang baik untuk para penggawas penggerak.

Sementara itu, anggota BAN S/M Mustain menyampaikan hasil akreditasi secara keseluruhan di Jawa Tengah.

Meningkat signifikan

Menurutnya, hasil akreditasi madrasah/sekolah dibawah naungan LP Maarif Jateng mengalami peningkatan yang signifikan.

Dari 39 Madarsah/sekolah, yang mendapatkan nilai A 17 Madrasah/sekolah, nilai B 21 Madarsah/sekolah, dan nilai C hanya 1 Madarsah/sekolah. (Hamidulloh Ibda).

Related Articles

Back to top button