fbpx
Gaya HidupKesehatan

Simak Khasiat Sayur Buah Yang Warnanya Kek Mejikuhibiniu

SEMARANG, energibangsa.id – Siapa yang disini setiap hari makan sayur? Sayur terfavorit kalian apa gaes kira-kira? Sayur Lodeh atau sayur asem?. Tak terasa sayur mayur telah menemani kita sedari kecil hingga sekarang.

Kalo bicara soal makanan bergizi yang tak boleh ketinggalan ya pastinya buah-buahan dong, ragam khasiat dan vitamin ada pada setiap buahnya, dibalut dengan rasa manis serta segar didalamnya. Kalo kalian tipe yang makan buah langsung, dibikin jus atau dibuat rujak?

Sayur dan buah adalah kebutuhan pokok bagi penunjang aktivitas sehari-hari, tak bisa dipungkiri kita kita bisa hidup tanpa adanya asupan nutrisi vitamin dari sayuran yang beraneka ragam jenisnya.

Nah sobat energi tahu gak sih dari sekian banyaknya jenis sayuran dan buah-buahan punya warna yang beraneka ragam dan tentunya punya gizi yang bermacam-macam pula. Biar ngga pada penasaran simak nih fakta-faktanya berikut ini,

Sayur dan buah berwarna Merah

Simak Khasiat Sayur Buah Yang Warnanya Kek Mejikuhibiniu

Warna yang identik dengan keberanian dan rasa lapar ini memang sekilas menggugah selera jika kita melihatnya, eh ternyata warna merah yang terdapat pada buah dan sayur tersebut berasal dari zat bernama likopen yang berguna untuk menjaga prostat dan kelenjar payudara lho…., selain itu mampu menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan hati, dan mengurangi resiko kanker. Ngga cuman itu warna merah pada sayur dan buah juga merupakan indikasi bahwa didalamnya terdapat kandungan flavonoid, resveratrol, dan vitamin C.

Sayur dan Buah berwarna Hijau

Simak Khasiat Sayur Buah Yang Warnanya Kek Mejikuhibiniu

Nah sekarang kita beralih ke yang seger-seger nih, apalagi kalo bukan si ijo-ijo yang merupakan warna dari sebagian besar sayur mayor yang ada di dunia ini. Warna hijau ini mengandung zeaxanthin yang membantu mencegah kanker usus besar dan menjaga kesehatan mata. Kandungan klorofil sebagai zat penyusun warna hijau juga dapat mencegah anemia, mempercepat proses penyembuhan luka, sampai melancarkan proses detoksifikasi tubuh.

Sayur dan Buah berwarna Kuning

Simak Khasiat Sayur Buah Yang Warnanya Kek Mejikuhibiniu

Selanjutnya ada yang paling ngejreng nih, si Kuning yang paling cerah dari warna yang lain. Kandungan warna yang terdapat pada jenis sayur dan buah ini menandakan ia memiliki kandungan vitamin C serta karotenoid yang tinggi tuk berfungsi mencegah gangguan di saluran pencernaan. Kalo kamu pecinta nanas, jagung, pisang atau belimbing beruntunglah kamu karena cairan tubuh kamu cukup dan tekanan darahmu juga baik.

Sayur dan Buah berwarna Orange

Simak Khasiat Sayur Buah Yang Warnanya Kek Mejikuhibiniu

Warna yang identik dengan senja ini udah pada tahu dong ada di sayur atau buah apa aja? Yaps bener banget wortel sama pepaya. Manfaat paling ampuh dari warna ini adalah untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung beta-karoten yang diolah menajdi vitamin A. tak hanya untuk mata buah dan sayur berwarna orange ini juga berfungsi merawat kesehatan kulit, gigi, dan tulang tauuuu.

Sayur dan Buah berwarna Ungu

Simak Khasiat Sayur Buah Yang Warnanya Kek Mejikuhibiniu

Si warna cantik yang umum ada pada buah beri-berian mengandung anthocyanin yang mampu menghambat terbentuknya gumpalan dalam darah, menurunkan resiko penyakit jantung, stroke serta kanker. Selain itu kandungan melatonin nya bermanfaat untuk mencegah insomnia. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button