fbpx
Daerah

Sidi Mawardi Dorong Pemanfaatan Teknologi untuk Penyebaran Informasi di Desa

ENERGIBANGSA.ID (Banyumas) — Perkembangan teknologi menjadi salah satu faktor penguatan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Maka terobosan dan inovasi di desa harus mulai dibangun demi pelayanan publik secara optimal.

(sumber: istimewa )

Sebelumnya diseminasi atau penyebarluasan ide, opini, program kegiatan dan sebagainya hanya terbatas pada media-media cetak komersil namun dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, dalam diseminasi sudah semakin fleksibel dan mudah.

Itulah yang menjadi pemikirian Anggota DPRD Jawa Tengah yang juga Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar Jawa Tengah, Sidi Mawardi, sehingga menginisiasi pertemuan membahas pemanfaatan teknologi informasi, Sabtu (12/9/2020).

Hadir pada acara itu, beberapa Kepala Desa di Kecamatan Wangom, pelaku industri digital kreatif; Yanuar Aris Budiarto, juga anggota DPRD Banyumas seperti Dodet Suryondaru, Sobirin, dan Andik, serta perwakilan Dinsospermades dan Kominfo Kabupaten Banyumas, pedagang pasar serta pengusaha UKM.

Menurut Sidi Mawardi, di era globalisasi teknologi digital memegang peran utama dalam memenangkan kompetisi global.

Apalagi di era Covid-19 ini yg sangat terasa dampaknya,  baik di kota besar maupun  perdesaan. Era adaptasi kebiasan baru saat ini, kegiatan-kegiatan diseminasi yang sebelumnya direncanakan dengan matang mau tak mau harus berubah.

“Sangat berdampak dan harus punya solusi, salah satunya adalah diseminasi teknologi atau peyebarluasan program kelembagaan melalui live streaming, talkshow, podcast, media sosial atau  webinar, dan lainnya”, terang Sidi.

untuk itu perlu juga menggandeng orang-orang yang mampu dan ahli dalam pengembangan teknologi informasi”, imbuhnya.

Di sisi lain sektor informal di kota kecamatan dan  di perdesaan terdampak nyata oleh Covid-19 perlu ada upaya gotong royong dar berbagai pihak dipimpin oleh para kepala desa utk keluar dari dampak Covid-19.

(sumber: istimewa )

“Manfaatkan mereka yang bisa menyebarkan informasi, pelaku media, dan strategi digital. Itu penting”, katanya.

Desiminasi teknologi ini diharapkan terus mendorong agar desa mampu mandiri dan terus berbenah. Itu juga sebagai terobosan dalam mencapai kemajuan dan membantu pemdes.

Tujuanya tidak lain untuk memberi layanan yang lebih baik. Lalu, mempromosikan potensi di desa untuk lebih dikenal luas hingga mancanegara.

“Simpelnya kalau seluruh program yang akan dilaksanakan itu dipromosikan dengan baik bisa dipastikan output dan outcome program dapat tercapai. Jadi, manfaatkan mereka para pemain teknologi dan penyebar informasi. “pungkasnya (*).

Related Articles

Back to top button