Nasional

Siapa Sukanto Tanoto? Penguasa Sebagian Lahan Ibukota Baru

ENERGIBANGSA.ID – Dewasa ini diketahui bahwa lahan yang akan ditempati sebagai ibu kota baru di Kalimantan Timur nanti sebagian besarnya dikuasai oleh pengusaha Sukanto Tanoto dalam bentuk Hutan Tanaman Industri (HTI).

Dikutip dari detik.com Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro membenarkan adanya penguasaan lahan oleh Sukanto Tanoto di ibu kota baru, Kalimantan Timur.

Penguasaan lahan ibu kota baru itu melalui PT ITCI di mana Tanoto merupakan pemegang sahamnya.

Hasil dari penelurusan tim energibangsa.id menunjukkan bahwa Sukanto Tanoto adalah konglomerat berkebangsaan Indonesia yang memiliki bisnis Royal Golden Eagle (RGE) yang bergerak di bisnis manufaktur pulp dan kertas melalui Asia Pacific Resources International Holding Ltd. dan Asia Symbol, minyak kelapa sawit melalui Asian Agri dan Apikal, rayon dan pulp khusus melalui Sateri International dan APR dan bidang energi lewat usahanya Pacific Oil & Gas.

Meski sebagian lahan di Ibukota baru itu adalah kuasanya, namun sifatnya bukanlah kepemilikan, karena sifat HTI (Hutan Tanaman Industri) adalah konsesi lahan milik negara, dan negara berhak memintanya kembali.

“HTI itu konsesi, bukan kepemilikan, dan dapat diambil setiap saat oleh pemerintah untuk kepentingan nasional. Eksekusi oleh KLHK,” tandasnya.

Bambang menyebut, penguasaan lahan Tanoto menjangkau 6.000 ha lahan yang bakal dibangun untuk tahap pertama ibu kota.

Persoalan apakah nanti ada ganti rugi atas pengambilan lahan itu, Bambang menyerahkan itu pada KLHK.

“Soal itu nanti urusan KLHK, karena KLHK yang punya aturan,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button