fbpx
Gaya Hidup

Siapa Orang yang Pertama Kali Mengucap “Assalamualaikum” Saat Menerima Telfon?

ENERGIBANGSA.ID—Sebagian orang selalu mengucapkan kata “halo” untuk mengawali pembicaraan. Dan sebagian pula mengucapkan “Assalamualaikum”. Mungkin jika hanya menggunakan kata “halo” nampak sudah lazim ya?

Apalagi masyarakat di luar negeri juga menggunakan kata “halo” untuk mengawali pembicaraan. Seperti kata Hello (English), Moshi-Moshi (Jepang), Wei (Cina), dan Yeoboseyo (Korea). Di mana semua bahasa tersebut, memiliki makna “Halo”.

Dan, kata “Assalamualaikum” juga seringkali terdengar diucapkan terutama dalam menerima sambungan telfon seluler. Lalu, pernahkah kamu bertanya-tanya siapa orang yang mengucapkan kata “Assalamualaikum” dalam menerima telfon?

Kata salam dalan Islam

Bersumber dari hadis, terdapat anjuran bagi setiap umat Islam untuk mengutamakan kata salam sebelum masuk suatu rumah. Mengucapkan salam adalah perintah Allah SWT.

Suatu hari datang seorang dari Bani Amir ke rumah Rasulullah dan meminta izin untuk memasuki rumah beliau. Maka, Rasulullah berkata kepada pembantunya, “Keluarlah kamu dan ajarkan laki-laki itu adab meminta izin, katakanlah padanya untuk mengucapkan, ‘Assalamualaikum, bolehkah aku masuk?” (HR Abu Dawud dan Ahmad) 

Karena salam merupakan doa, baik bagi yang mengucapkan maupun yang mendengarkan. 

“…Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya), yang artinya juga memberi salam kepada dirimu sendiri…” (QS an-Nur [24]: 61).

Betapa pentingnya meminta izin sebelum memasuki sebuah rumah yang bukan milik sendiri. Cara ini merupakan salah satu kaidah dalam bersilaturahim. Dan, begitu indah akhlak seseorang yang selalu mengawali ucapan salam kepada siapa pun yang ditemuinya. 

Lantas, siapa orang pertama kali mengucapkan kalimat “Assalamualaikum” saat menerima telfon? Berdasarkan hasil penelusuran energibangsa.id, tak satupun pihak yang mengklaim pertama kali mengucap “Assalamualaikum”.  Kami pun sedang menelusuri siapa orang pertama kali mengucap “Assalamualaikum” saat menerima panggilan telfon. (*)

Related Articles

Back to top button