Kabar IndonesiaNasional

Siapa Dalang Kerusuhan di Wamena?

ENERGIBANGSA.ID – Sejak Senin (23/9/2019) telah terjadi kerusuhan di tengah aksi damai yang digelar di Wamena, Jayawijaya, Papua.

Kerusuhan yang terjadi diketahui bermula dari aksi demonstrasi sejumlah pelajar Kota Wamena. Aksi damai tersebut kemudian berujung rusuh yang diduga dipicu oleh kalimat rasis yang dilontarkan oleh seorang guru kepada muridnya.

Dilansir dari Kompas, diketahui kerusuhan yang terjadi telah memakan setidaknya 33 korban. Namun, tak banyak yang mengetahui bahwa pelaku kerusuhan sebagian besar bukanlah warga asli Wamena, melainkan penduduk dari luar Wamena.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo saat ditemui hari ini Senin, (30/9/2019) di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Selain itu, kesaksian salah satu korban selamat kerusuhan Wamena, Errisa Dwisand juga turut mendukung pernyataan Dedi Prasetyo. Ia membagikan ceritanya di akun Facebook pribadinya yang kemudian menjadi viral.

Berdasarkan penuturannya, Errisa yang merupakan seorang dosen di STISIP Al Yasib Wamena dan teman-temannya sempat dibantu oleh OAP (Orang Asli Papua) saat berusaha menyelamatkan diri setelah mendapati kampus tempat ia mengajar dibakar oleh massa.

Kisah yang dibagikan Errisa ini pun seolah-olah menjadi penegas bahwa kerusuhan yang terjadi di Wamena bukan sepenuhnya hasil tindak anarkis penduduk asli Wamena. Justru sebaliknya, kisah ini memunculkan sisi lain dari warga Wamena yang sangat peduli terhadap sesama, begitu pun pada para pendatang.

Perlu Sobat Energi ketahui bahwa akan selalu ada sisi positif yang bisa dilihat atau diambil dari setiap kejadian sekalipun kejadian tersebut kurang mengenakan. Lalu, bagaimana pendapat Sobat Energi terkait kejadian di Wemana?

  • Artikel ditulis oleh Talitha Ulfa Raissa, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro.

Related Articles

Back to top button