fbpx
Kabar Daerah

Bandara Ngloram Blora Siap Operasikan Penerbangan Komersial pada Januari 2021

Blora, energibangsa.id – Maskapai penerbangan NAM Air telah mendarat di Bandara Ngloram pada Rabu (30/12/2020) lalu. Lokasi bandara ini berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Dilansir dari kompas, Kamis (31/12/2020), pesawat komersial ini berjenis ATR 72-600 telah mendarat dengan sukses saat menguji kelayakan infrastruktur runway. Pesawat ini lepas landas dari Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang pada pagi pukul 07.00 dan tiba pukul 07.35.

Staf ahli Kemenerian Perhubungan, Chris Kuntadi mengatakan, pesawat ini memiliki nomor penerbangan IN-2100. Saat itu memiliki penumpang sebanyak 20 orang termasuk dirinya. Kedatangan rombongan ini langsung disambut baik oleh Bupati Blora, Djoko Nughroho.

Setelah sukses mendaratkan pesawat di bandara Ngolram, bandara ini dinilai memiliki landasan pacu yang bagus dan akan diperpanjang. Sehingga Bandara Ngloram layak untuk digunakan dan siap digunakan untuk penerbangan komersil.

Harga yang terjangkau

Ia mengatakan, layanan pesawat jenis ATR 72-600 sudah cukup untuk mengawali langkah pengoperasian Bandara Ngloram. Maka dari itu, nantinya tiket penerbangan akan dibicarkaan dan ditentukan oleh maskapai.

“Pastinya dengan harga yang terjangkau. Kalau bisa disubsidi oleh pemerintah daerah di awal-awal. Lobi ke maskapai lain juga masih diupayakan,” ungkapnya.

Bupati Blora, Djoko Nugroho berharap, masyarakat bisa memanfaatkan keberadaan Bandara Ngloram untuk akses perekonomian dan juga mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Bandara harus terus kita bangun dan yang lain sementara ngalah dulu. Apapun kita pertaruhkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ujar Djoko Nughroho.

Kepala Bandara Dewadaru Karimunjawa sekaigus yang membawahi bandara Ngloram, Ariadi Widiawan mengatakan, pendaratan pesawat di bandar aini merupakan prosedur awal untuk menuju kelas selanjutnya. Nantinya ditargetkan bisa membuka rute Surabaya-Ngloram.

Kasatapel Bandara Ngloram, Abdul Rozaq menyampaikan, Bandara Ngloram akan siap dioperasikan pada Januari 2021. Hingga kini, pembangunan Bandara Ngloram masih terus berlanjut termasuk penyelesaian terminal penumpang dengan kapasitas 280 orang. (*)

Related Articles

Back to top button