Ragam Bangsa

Setelah Keris Diponegoro, Belanda Kini Janji Kembalikan Sisa Barang Pusaka Milik Indonesia

SEMARANG, energibangsa.id – Pernah dijajah Belanda selama 350 tahun, tentu ada kekayaan Indonesia yang dibawa ke Eropa. Barang rampasan tersebut bisa berupa dokumen maupun benda bersejarah yang hingga kini masih disimpan di museum-museum di Belanda.

Dilansir dari The Guardian (12/10), sebanyak 100.000 barang hasil jarahan penjajahan Belanda, akan dikembalikan oleh Belanda karena museum Belanda mendukung usulan untuk mengakui dan memperbaiki ketidakadilan sejarah secara besar-besaran.

Diantara 100.000 benda yang akan dikembalikan, ada milik Indonesia salah satunya sebuah berlian 70 karat milik Sultan Banjarmasin. Benda tersebut kini dipajang di Rijksmuseum, Belanda.

“Jika itu bukan milik Anda, maka Anda harus mengembalikannya,” sebut penulis laporan badan penasihat pemerintah, Lilian Gonçalves-Ho Kang You.

Direktur Rijksmuseum Taco Dibbits menjelaskan pihaknya telah melakukan identifikasi asal-usul koleksinya (barang museum) beserta dengan struktur formal untuk proses pengembalian.

“Ini adalah masalah penting yang semakin mendapat perhatian, termasuk perhatian internasional dalam beberapa dekade terakhir. Itulah mengapa ada baiknya dibuat kebijakan nasional untuk ini (memulangkan benda sejarah ke negara pemilik),” ungkap Dibbits.

Dalam mengidentifikasi benda-benda koleksi tersebut, pihak museum bekerja sama dengan negara-negara lain atau negara asal benda koleksi tersebut, melalui dialog konstruktif.

“Untuk Rijksmuseum, kami akan terus meneliti asal-usul koleksi kami yang datang dari negara bekas jajahan dan mengintensifkan kerjasama internasional,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Tropenmuseum, Stijn Schoonderwoerd menyebut niatan ini sebagai sebuah langkah maju yang signifikan. Ia bahkan berharap niat ini segera bisa diwujudkan dalam bentuk kebijakan yang akan dieksekusi dalam jangka pendek. “Dengan begini, Belanda bertanggung jawab dengan mengakui ketidakadilan (sejarah) dan memungkinkan untuk mengembalikannya,” ujar Schoonderwoerd.

Sebelum ini, pemerintah Belanda pernah mengembalikan pusaka yang disimpan ke Indonesia. Pusaka yang pernah dikembalikan antara lain keris Pangeran Diponegoro dan keris Bugis. (Sasa/EB).

Related Articles

Back to top button