fbpx
PendidikanPojok Bangsa

Sesuaikan Jaman, SMK Swadaya Fokuskan Siswanya Kuasai ‘Digital Marketing’

ENERGIBANGSA.ID – Situasi pandemi covid-19 menuntun migrasi offline to online bergerak lebih cepat. Itu juga yang diyakini SMK Swadaya Semarang.

Berangkat dari sana, Kepala Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Swadaya Semarang; Fadlul Khoir Bashory, S.Ei menekankan bahwa materi pendidikan vokasi semestinya disesuaikan dengan kebutuhan jaman.

Terutama, di jurusannya Bisnis Daring Pemasaran, kemampuan digital marketing akan menjadi fokus utamanya.

“Faktanya, semua usaha membutuhkan digital marketing, itu yang kami garis bawahi, makanya kami tidak ingin membuang-buang waktu untuk mengajarkan hal lain yang tidak penting,” katanya pada energibangsa.id

Fokus Digital Marketing

Terpisah, Founder Asosiasi Komunitas Profesi Sales Indonesia (Komisi), Dedy Budiman mendorong pelajar SMK agar mampu menjual karya melalui media digital saat masih di sekolah.

Dedy Budiman menyebut, kemampuan digital marketing akan berguna saat mereka terjun di dunia kerja dan dunia industri.
 
“Mereka pelajar SMK harus diperkuat digital marketing-nya saat ini. Ini tidak mudah, mereka mungkin tahu teori dan berkarya, tapi praktik mengenalkan apa yang mereka punya tidak bisa,” kata Dedy dalam Press Conference Strategi Nikah Massal Vokasi dengan SMK di era Pandemi,
 
Untuk itu pihaknya bersama Asosiasi Guru Marketing Indonesia (AGMARI) membuat program pelatihan dan uji kompetisi marketing secara daring.

“Untuk itu kami terpanggil, termotivasi bagaimana anak ini bisa kompeten. Kami jadi jembatan dan membantu mereka,” terangnya.

Menurutnya hal ini sejalan dengan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ingin mengawinkan sekolah vokasi dengan dunia kerja dan industri.

Siswa Bahagia Belajar Sosial Media

Abyan Maulana Shiddiq, siswa SMP di Kota Batam, yang melanjutkan pendidikannya ke SMK Swadaya Semarang, mengatakan, bahwa ia memahami bahwa skill digital marketing adalah kebutuhan di era sekarang.

“kebetulan orangtua saya juga (buka) bisnis online, jadi setelah saya kroscek di google saya tahu SMK Swadaya fokus mengajari digital marketing, jadi semakin yakin bahwa saya harus mendalami ilmu ini,” ujar Abyan.

Wah, keren ya SMK Swadaya ini. Semoga pendidikan vokasi di Indonesia semakin mengarah pada kemajuan. (yab/EB)

Related Articles

Back to top button