fbpx
Gaya Hidup

Cungkring? Yuk, Saatnya Bentuk Massa Otot dengan Cara ini

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Memiliki badan yang kurus maupun berisi dapat didapatkan melalui berbagai cara. Banyak orang yang ingin memiliki badan yang ramping, namun tak sedikit juga yang ingin mempunyai badan yang berisi.

badan ramping
Ilustrasi bentuk badan dengan masa otot proporsional (sumber: Instagram/ @anggaekaputra.official)

Ada hal yang perlu diperhatikan apabila ingin memiliki badan yang kurus maupun berisi. Yang pertama adalah faktor genetik menjadi faktor yang paling mempengaruhi jenis tubuh. Namun, tentu saja ini bukan penghambat untuk memiliki tubuh yang kurus maupun berisi.

Baca Juga : Malam Jumat, Berapa Kalori ‘Olahraga’ di Atas Ranjang?

Tubuh manusia dibagi menjadi tiga jenis, ectomorph (kurus), endmorphs (ideal/atletis), dan mesomorphs (pendek dan bulat).

Tapi, tenang saja Sobat Energi, bagi kamu si ectomorph, artikel ini cocok sekali untuk kamu karena akan membahas tips untuk menambah massa otot agar tubuh kamu menjadi lebih berisi loh.

Ciri tubuh ectomorph, tipe ini memiliki ciri badan yang kurus, dada datar, dan bahu kecil, tipe ini disebut sulit untuk meningkatkan mssa otot. Meskipun begitu, hal itu bukan penghalang bagi kamu untuk memiliki tubuh ideal dan atletis, asalkan dengan diiringi latihan yang keras.

Nah, kali tim energibangsa.id akan berbagi tips terkait hal tersebut yang dihimpun dari berbagai sumber. Yuk simak tips di bawah ini bagi kamu si ectomorph yang ingin memiliki badan berisi dan menambah massa otot:

1. Memahami Indek Massa Tubuh/Body Mass Index (BMI)

BMI yang normal berkisar diantara 18,5-24,9. Jadi, apaila BMI mu kurang dari 18,5 dapat dikatakan bahwa kamu ini kurus dan perlu untuk menambah berat badan. Cara menghitung BMI dapat menggunakan situs online yang dapat membantu untuk menghitung skor BMI mu.

2. Latihan

Latihan akan mempercepat dan cara jitu untuk menambah berat badan. Dengan latihan yang benar dan rutin dapat meningkatkan massa otot. Lalu, latihan seperti apa yang dapat meningkatkan massa otot?

  • Latihan beban

Latihan beban dapat menekan serta merangsang serat otot, tentunya hal ini dapat menambah massa otot. Latihan beban yang terbaik untuk membangun massa otot diantaranya adalah deadlift, squats, barbell, rows, bench press, bar dips, dan pull-ups.

Latihan beban menargetkan otot-otot besar dalam tubuh dan membantu pertumbuhan massa otot. Untuk menambah berat badan bagian atas dapat melakukan push up, squat untuk otot paha, standing heel raise untuk betis, sit-up untuk perut, dan pull-up untuk lengan dan punggung.

  • Latihan anaerobik vs latihan aerobik

Latihan anaerobik merupakan latihan yang prosesnya ‘tanpa oksigen’ dengan intensitas tinggi dalam waktu yang singkat, yakni latihan beban.

Karena itulah, latihan beban efektif meningkatkan k=berat badan dan menambah massa otot. Sementara latihan aerobik seperti berlari, bersepeda, dan jogging dianjurkan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

3. Diet

Untuk menambah berat badan, kamu perlu makan lebih banyak kalori yang dibakar tubuh. Otot membutuhkan kalori sebagai bahan bakar dan latihan untuk menambah berat badan sekaligus membentuk otot.

Hal ini dapat dicapai dengan diet yang tepat dan latihan yang benar. Jika diet tidak berjalan dengan semestinya, maka latihan hanya akan berdampak pada pembakaran kalori tanpa membentuk massa otot. Diet yang tepat sangat dianjurkan untuk membangun massa otot.

  • Diet tinggi protein

Protein hewani digadang-gadang sebagai protein terbaik untuk menambah berat badan karena mengandung asam amino esensial. Komposisi yang dianjurkan adalah 50% protein, 30% karbohidrat, dan 20% lemak. Protein hewani dapat diperoleh dari daging merah, ikan, telur, dan susu.

  • Suplemen

Suplemen juga berperan penting dalam membantu mengoptimalkan latihan dan diet untuk menambah berat badan serta massa otot.

Salah satunya adalah Iso Mass Xtreme Gainer dari Ultimate Nutrition, susu gainer yang mampu menambag berat badan dan massa otot.

4.Risiko Latihan

Latihan memang penting, tetapi jika berlebihan pun tidak baik. Apabila terlalu banyak latihan (overtraining) dapat menimbulkan insomnia, kelelahan, bahkan depresi. Latihan juga dapat menyebabkan cidera, nyeri, hingga patah tulang apabila tidak dilakukan dengan tepat.

Untuk memaksimalkan latihan, baiknya kamu berlatih sealama 45 menit dengan intensitas tiga kali seminggu.

Pastikan, kamu juga melakukan sebanyak 6-8 repitisi dari 3-4 set untuk memaksimalkan dan menambah berat badan dan massa otot.

Baca Juga : Covid-19: Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Daun Kelor

Itu dia Sobat Energi beberapa tips untuk membantu kamu menambah berat badan dan massa otot. Kuncinya konsisten dan taat dengan aturan yang kamu buat agar kamu segera mendapatkan badan yang kamu inginkan! Semangat !(Annisaa/EB)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button