SEMARANG, energibangsa.id — Mencuci tangan sudah menjadi salah satu rutinitas di saat pandemic COVID-19 guna mencegah penyebaran infeksi. Akan tetapi, hal ini dapat membuat telapak tangan menjadi kering.  

Supaya tetap terjaga kelembabannya dan tetap terawat, intip 3 cara atasinya!

1. Memakai pelembab

Mengaplikasikan pelembab khusus tangan atau yang sering disebut hand cream. Umumnya beberapa orang asal memakai pelembab ketika selesai mencuci tangan, salah satunya lotion badan.

Padahal, kandungan moisturizer pada hand cream dan body lotion itu berbeda. Justru ada kemungkinan sebaliknya yang membuat telapak tangan jadi lebih kering.

Hindari jenis pelembab tangan mengandung wewangian menyengat dan pilihlah yang tidak berbau. Selain itu, gunakan pelembab khusus tangan tadi secara berkala agar tetap lembut.

2. Menepuknya usai cuci tangan

Jangan langsung menggosokan pada handuk, tisu, ataupun lap. Karena, hal tersebut dapat mengiritasi kulit akibat gesekan dari benda tersebut.

Lngone Health selaku Profesor dermatologi NYU, mengatakan bahwa mengeringkan tangan yang basah bisa dengan menepuknya agar sisa air turun dan biarkan mengering sendiri.

Cara ini cukup efektif mengatasi rasa kering setelah cuci tangan karena masih ada sisa air yang tidak langsung hilang begitu saja.

3. Gunakan sabun khusus tangan

Jangan sembarangan mencuci tangan dengan sabun karena tidak semua bahan sabun itu sama. Pilihlah sabun khusus untuk cuci tangan yang memiliki kandungan proteksi yang lebih.

Seperti mengandung alkohol sebagai pembasmi virus atau kuman, mengandung aloe vera atau madu yang dapat melembabkan kulit

Dengan demikian, sabun yang dipakai tidak hanya menghilangkan kotoran atau penyakit tapi dapat mengatasi kulit kering yang sering mencuci tangan sekaligus menjaga tangan untuk tetap lembut.

Nah, itu dia 3 tips atasi kulit kering akibat sering mencuci tangan. (dhanti/EB)

Back to top button