fbpx
Kisah MisteriRagam Bangsa

Seperti Ini Penjelasan ‘Mati Suri’ Menurut Sains

ENERGIBANGSA.ID – Tidak ada yang tahu pasti kapan kematian  akan datang, tetapi yang pasti semua makhluk yang bernyawa akan merasakan kematian.

Oleh sebab itu, ilmuwan mencoba mengungkap kemungkinan yang dirasakan orang-orang yang mengalami mati suri.

Selama ratusan tahun, orang-orang dari segala usia di seluruh dunia, telah menceritakan kisah serupa tentang saat-saat kehidupan mereka ketika dihadapkan kematian.

Umumnya mereka melihat cahaya putih yang menyilaukan, perasaan tenang dan perasaan seolah-olah melayang di atas tubuh mereka.

Ahli saraf mengungkap pengalaman ini disebut dengan ‘near death experience’.

Menurut penelitian baru, pengalaman ini mungkin mirip dengan apa yang terjadi di otak selama gangguan tidur tertentu.

Seorang ahli syaraf di University of Kopenhagen, Kondziella mengatakan bahwa kemungkinan orang yang mati suri akan mengingat apa yang mereka alami terakhir kali sebelum menghembuskan napas terakhir.

Adapun Kevin Nelson, seorang ahli saraf neuromuskuler yang berafiliasi dengan University of Kentucky yang menerbitkan penelitian serupa.

Ia turut menyampaikan pendapatnya mengenai fenomena ini sebagaimana dilansir dari NBC News, Jumat (26/2/2021).

Nelson berpendapat mekanisme otak yang bertanggung jawab atas gangguan tidur ini juga memungkinkan orang untuk memvisualisasikan pengalaman ketika hidup mereka benar-benar dalam bahaya.

Walaupun pengalaman mati suri bisa dijelaskan dengan sains, para ahli sepakat bahwa setiap hal tetap akan ada yang menjadi misteri.

Meski tidak ada salahnya mencari tahu misteri tersebut, ada beberapa kepercayaan mengenai mati suri secara religius bahkan filosofis yang tidak bisa dibantahkan begitu saja.

Bagaimana menurut kamu?

(Ara/ EB)

Related Articles

Back to top button