
Senjata Rahasia Rumah Makan Padang
oleh : Brian Fadli Rais *
ENERGIBANGSA.ID – Foto ini adalah satu contoh betapa Jakarta dihegemoni oleh orang Minang di sana. Foto ini saya ambil sekitar pukul 07.00 wib tadi. Lihat, sepagi ini Dominos Pizza harus membuka gerai untuk mencapai target penjualan mereka. Sementara Rumah Makan Padang, cukup santuy akan buka mulai pukul 10 siang karena memang pembelinya pasti ada.

Bayangkan, rumah Makan Padang: tanpa brand activation, tanpa materi promosi, dan tanpa program diskon promo macem-macem, Rumah makan Padang sudah nyaman berada pada Kasta Tertinggi dunia perkulineran Indonesia. Meski produk makanan yang mereka jual tergolong mahal, tapi minat konsumen nya tetap tinggi.
Lah, kok bisa?! Ya, Karena Rumah Makan Padang sudah sangat mapan dengan mereka punya Consumer Insight. Hal yang paling susah dikerjakan dalam ilmu strategi marketing
Apa saja kira-kira consumer insight yang dimiliki rumah makan padang?
Pertama, Rasa. Setiap konsumen ketika datang ke rumah makan Padang, sudah memiliki keyakinan bahwa mereka akan dihadapkan pada puluhan jenis makanan lezat. Yang membuat mereka dengan penuh kesadaran dan kerelaan akan mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan experience itu.
Kedua, Kecepatan. Rumah Makan Padang menawarkan kecepatan dalam pelayanan. Membuat konsumen tak perlu lama menunggu hanya untuk menyantap sepotong rendang. Para pelayan rumah makan padang sudah terlatih untuk bekerja yang efektif dan efisien.
Dengan dua tangan, mereka bisa membawa puluhan piring lauk diatas nya. Atraksi membawa piring lauk ini bahkan juga menciptakan insight tersendiri bagi experience konsumen. Seperti halnya bartender yang mengolah botol wine dengan cekatan.
Ketiga, Hidangan di meja. Semua orang tau bahwa tidak ada konsumen yang akan menghabiskan semua lauk yang terhidang di atas meja. Tapi pengusaha rumah makan padang tau, bahwa dengan menghidangkan banyak varian lauk.
Membuka peluang bagi konsumen untuk tertarik mencoba varian sambal lain, dan tentunya ini peluang untuk mengambil keuntungan yang lebih banyak. Ibarat display, produk nasi padang tidak hanya dilihat konsumen secara visual saja. Tapi bentuk fisiknya, aromanya, dan user interface nya sudah dapat digunakan dengan hanya satu ayunan tangan. Hal yang mungkin perusahaan sekelas Google pun tak akan mampu mewujudkannya. Hehe.
Nah, 3 poin Consumer Insight ini lah yang menjadi senjata rahasia bagi Rumah makan Padang. Dan sebenarnya, produk barang atau jasa yang lain pun juga bisa dicarikan senjata rahasianya. Tapi tentu membutuhkan usaha keras dan jalan yang sangat panjang untuk melakukan risetnya.
Tapi bagi anda yang ingin mencari jalan pintas atau shortcut untuk menemukan Senjata Rahasia bagi produk atau jasa yang anda jual, Tanpa perlu menghabiskan waktu puluhan Tahun, tentunya juga bisa. Caranya? Hubungi Vyronium Indonesia. Kami punya waktu 24 jam sehari untuk berdiskusi terkait produk yang akan anda jual nanti.
*Asli Padang, Urang Bagak di Vyronium pelaku diplomasi marketing internasional.