fbpx
Kabar Indonesia

Siap-siap, Usahamu Bakal Dapat Bantuan Presiden! Simak, Sini

ENERGIBANGSA.ID (Jakarta)—Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (BPUM) telah di terbitkan oleh Kementerian Keuangan, sebesar Rp 2,01 Triliun untuk realisasi selanjutnya  akan di berikan kepada 838,4 ribu penerima.

Adi Budiarso selaku Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan mengungkapkan bahwa SP2D tersebut sudah di terbitkan pada Jumat (28/8) lalu.

Dengan diterbitkannya SP2D, pelaku usaha mikro segera mengantongi dana segar yang diharapkan mendorong kinerja usaha dan mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional

Adi menyebutkan hingga Senin (24/8) lalu, pemerintah telah mencairkan BPUM sebesar Rp 2,4 Triliun kepada 1 juta penerima.

Rinciannya, sebagaimana data yang diperoleh tim energibangsa.id,  pemerintah menganggarkan Rp 22,01 triliun yang sudah masuk Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) untuk 9,1 juta pelaku usaha mikro dalam tahap awal.

Adapun sasaran penerima manfaat ditargetkan mencapai 12 juta pelaku usaha mikro dan hingga 11 Agustus 2020, lanjut dia, proses pengumpulan data penerima manfaat mencapai 17,52 juta.

Kriteria penerima manfaat adalah pelaku usaha mikro yang tidak memiliki kredit di perbankan dan lembaga keuangan, memiliki usaha mikro atau ultra mikro, nasabah perbankan atau lembaga keuangan dengan simpanan kurang dari Rp 2 juta.

“Ini targetnya untuk inklusi keuangan yang saat ini masih di bawah 50 persen. Kita ingin ada aktivitas ekonomi dan link ke perbankan,” katanya dilansir dari antaranews.com(dhanti/EB)

Related Articles

Back to top button