fbpx
Teknologi

Sempat Tertunda, Apple Kini Resmi Luncurkan Generasi Baru iPhone

SEMARANG, energibangsa.id — Tepat pada Rabu (14/10/20) dini hari waktu indonesia, Apple telah resmi meluncurkan generasi terbaru yakni, iPhone 12. Peluncuran ini sempat tertunda dikarenakan pandemi COVID-19 yang seharusnya diluncurkan pada bulan September lalu.

Dalam acara peluncuran yang digelar secara virtual, Apple mengkonfirmasi seri terbaru yang terdiri dari 4 model yakni iPhone 12 Mini (5,4 inci), iPhone 12 (6,1 inci), iPhone 12 Pro (6,1 inci), dan iPhone 12 Pro Max (6,7 inci).

Dalam acara tersebut pula terdapat title Hi Speed dimana Apple ingin menunjukkan dukungan jaringan internet 5G untuk iPhone 12. Teknologi 5G diklaim membuat iPhone 12 tak hanya lebih cepat, tapi lebih cerdas.

“Teknologi 5G membuat lebih cepat, latensi lebih rendah, serta lebih menjamin keamanan dan kerahasiaan,” kata Tim Cook, CEO Apple.

Ia pun menyanjung penggunaan A14 Bionic Chip, serta sejumlah fitur-fitur baru ataupun peningkatan performa yang ada pada seri iPhone 12.

“Ini adalah era baru untuk iPhone” tambahnya.

Model iPhone 12 disebutkan 11 persen lebih tipis, 15 persen lebih kecil, dan 16 persen lebih ringan daripada iPhone 11. Lapisan terluarnya menggunakan material keramik, bukan lagi teknologi kaca. Hal tersebut memberi kekuatan empat kali tinggi saat terjatuh dibandingkan model sebelumnya.

Pun dengan penggunaan A14 Bionic Chip yang diklaim sebagai chip smartphone tercepat. Bagian dalam iPhone 12 mendukungnya untuk performa puncak mengunduh 3,5 Gbps dan kecepatan puncak 4,0 Gbps. Chip baru dan teknologi 5G juga disebut siap menyambut game-game terbaik datang ke iPhone.

Apple Resmi

Kameranya dual, terdiri dari ultra wide dan wide, masing-masing 12 MP. Beberapa fitur unggulannya adalah pencahayaan rendah yang lebih baik dan fotografi komputasional.

Lalu ada pula fitur MagSafe berupa magnet khusus dengan sejumlah sensor di balik punggung iPhone. Ini bisa untuk saku kecil melekat pada iPhone atau untuk kepentingan sleeve atau cover iPhone. MagSafe juga ditunjukkan kompatibel dengan fitur wireles charging 16 W yang dimilikinya.

iPhone 12 mini diperkenalkan memiliki spesifikasi yang tepat sama dengan iPhone 12, hanya dengan ukuran fisik ponsel lebih kecil. Iphone 12 mini disebut iPhone terkecil dan tertipis yang pernah ada. Dia bahkan lebih kecil daripada iPhone 8 tapi memiliki layar lebih luas dengan perbandingan 4,7:5,4 inci.

Untuk masing-masing iPhone 12 dan iPhone 12 Mini, Apple menawarkannya dengan harga mulai dari US$ 799 dan US$ 699 atau setara Rp 11,8 juta dan Rp 10,3 juta.

Pada iPhone 12 Pro (6,1 inci) dan Pro Max (6,7 inci), Apple mengedepankan desain lebih elegan, di antaranya dengan lengkung sempurna frame dari baja antikarat. Kamera belakang juga triple dengan performa yang lebih ditingkatkan, seperti adanya teknologi Deep Fusion dan Sensor-shift untuk stabilisasi gambar optik, serta LiDAR.

Harga yang ditawarkan untuk dua model ini US$ 999 atau Rp 14,7 juta untuk iPhone 12 Pro dengan kapasitas penyimpanan 128 GB, dan mulai dari US$ 1.099 atau Rp 16,2 juta untuk Pro Max. Seluruh empat model iPhone 12 bisa pre-order mulai 16 Oktober dan 6 November khusus Iphone 12 Pro Max.

Sayangnya ponsel 5G pertama dari iPhone ini dijual tanpa charger dan earphone kabel. Kebijakan baru ini dilakukan untuk memotong biaya produksi dan menekan harga iPhone 12. Karena tidak lagi disediakan dalam kotak penjualan, pengguna iPhone baru harus membeli EarPods dan adapter charger secara terpisah.

Lisa Jackson selaku Vice President Environmental, Social and Policy Initiatives Apple mengatakan selain memangkas biaya produksi, kebijakan baru ini juga akan membuat Apple menjadi lebih ramah lingkungan karena mengurangi limbah.

Apple hanya menyertakan kabel Lightning ke USB-C dalam paket penjualan iPhone 12 dan pengguna harus membeli adapternya secara terpisah. (dhanti/EB).

Related Articles

Back to top button