Kabar Indonesia

Sempat Dikritik Mirip Salib, Ini Lho Makna Logo HUT RI ke-75!

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Logo angka 75 yang merupakan logo peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, sempat dikritik lantaran menyerupai salib.

Elemen Grafis HUT ke-75 RI

Setya Utama selaku Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara menyatakan bahwa penggunaan logo harus sesuai dengan Pedoman Visual Logo Peringatan HUT RI ke-75 yang diunggah pada situs Setneg.go.id

Dilansir dari Setneg.go.id, tema dari peringatan HUT RI ke-75 adalah Indonesia Maju. Tema tersebut merupakan representasi dari Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

Keterangan logo Peringatan HUT RI ke-75

Adapun makna dari logo tersebut terinspirasi dari simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila. Logo itu menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Dalam pedoman tersebut juga menjelaskan elemen-elemen yang terkandung dalam logo HUT RI ke-75, antara lain:

1.Elemen bagian atas angka 7 menggambarkan tentang pemerataan ekonomi dan kualitas hidup untuk seluruh rakyat Indonesia. Bagian atas angka 7 melambangkan kesetaraan untuk kesejahteraan dan keadilan yang equal bagi semua individu.

2.Elemen yang terkandung dalam badan angka 7 yaitu tentang progres kerja dinamis dan kepentingan progres infrastruktur. Meskipun tak bergaris lurus, namun progres kerja yang dinamis akan mencapai hasil akhir yang optimal, tanpa harus menjadi lurus dan kaku.

3.Elemen di badan angka 5 yang menyerupai lingkaran hampir sempurna memiliki makna tentang regenerasi kerja yang konsisten dan progres yang nyata dalam bekerja. Lingkaran tersebut melambangkan progres yang terus menerus dan terlihat nyata, selalu memperbaiki dan selalu mengejar target

4.Simbol perisai di dalam Garuda Pancasila melambangkan kesatuan Indonesia sebagai negara yang mampu menjaga dan mengamankan bangsa, memperkokoh persatuan dan kesatuan yang diambil dari simbol perisai tersebut. (dhanti/EB/idntimes)

Related Articles

Back to top button