fbpx
Kabar Daerah

Semarang Zoo Punya Sesuatu Yang Baru Nih, Kenalan Yuk

SEMARANG, energibangsa.id – Siapa yang tidak mengenal Kebun Binatang Mangkang atau yang sekarang kita kenal sebagai Semarang Zoo. Dulu kita hanya bisa berkunjung melihat berbagai macam satwa di dalam kandang saja.

Namun setelah kepemilikannya diambil alih oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Semarang Zoo terus melakukan berbagai inovasi guna menarik wisatawan lebih banyak.

Salah satunya adalah atraksi baru yang ditawarkan Kebun Binatang yang telah berdiri sejak tahun 2005, adalah wahana off road bertajuk My Trip Zoo Adventure.

Diresmikan oleh Asisten Administrasi Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Widoyono dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dispudpar) Kota Semarang Indriyasari pada Sabtu (26/12/2020).

“Kami sengaja mengenalkan saat momentum libur Natal dan Tahun Baru 2021. Kami sengaja menggandeng komunitas off road dengan sistem bagi hasil,” kata Choirul Awaludin selaku Direktur Semarang Zoo.

Nantinya pengunjung akan dibawa menjelajah alam berupa berpetualang melintasi sungai, hutan jati dan wisata kearifan lokal seperti Sendang Kaliancar dan lainnya yang pastinya menantang adrenalin.

Harga paket yang dibandrol untuk bisa menikmati wahana ini sekitar Rp 450 ribu per mobil yang bisa menampung sebanyak tiga sampai empat penumpang. Dan keuntungan yang didapat lainnya adalah sudah termasuk wisatawan mendapat tiket gratis masuk ke Semarang Zoo.

Akan lebih difokuskan pada akhir pekan, wisatawan nantinya akan diajak untuk menikmati indahnya Hutan Mangkang yang masih asri nan hijau.

“Jalur kami pastikan aman. Karena jalannya tidak terlalu terjal, safety tentu kami utamakan. Yang kami tonjolkan di wahana ini, pengunjung bisa merasakan sensasi berpetualang melintasi alam dan tidak perlu jauh-jauh pergi ke Merapi. Di sini kita punya,” ujarnya.

Widoyono turut mengapresiasi inovasi yang dilakukan pengelola Semarang Zoo dimana nantinya diharapkan bisa membangun net working dan jaringan.

“Harapannya dengan adanya wahana off road ini bisa mengeksplore suasana alam, kearifan lokal yang belum terjamah, serta memperkenalkan wisata yang baru. Selain memasyarakatkan kebun binatang untuk wahana edukasi, sekaligus berpetualangan,” katanya.

Menggabungkan Unsur Teknologi Canggih

Selain itu Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang juga berharap agar manajemen bisa terus memberikan inovasi khususnya pada sisi teknologi yang diharapkan dapat diaplikasikan di Semarang Zoo.

“Ada tantangan untuk Semarang Zoo, yakni mengadakan prehistoric virtual adventure dengan teknologi 5G seperti di luar negeri, lalu world wide zoo adventure jadi berpetualang ke kebun binatang di seluruh dunia. Intinya untuk bisa mengembangkan kebun binatang dalam era digital,” ujarnya.

Kepala Disbudpar Kota Semarang Indriyasari mengatakan, wahana baru ini merupakan suatu inovasi, karena pengunjung tidak hanya diajak untuk melihat hewan saja. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button