fbpx
Pojok Bangsa

Semarang Raih Penghargaan Sebagai Kota Terbersih se-Asia Tenggara

ENERGIBANGSA.ID – Jika kita bicara kota paling populer di Indonesia, pasti yang terbesit di benak kita adalah Denpasar Bali, Jakarta, Bandung, dan Jogjakarta.

Namun tahukah Anda, jika bicara kota terbesih di Indonesia, Semarang selalu mendapatkan tempat utama? Yak, Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pada 2017 lalu, Kota Semarang sempat masuk nominasi kota wisata terbersih tingkat ASEAN (ASEAN Clean Tourist City), mewakili representasi kota Indonesia dari Jawa Tengah.

Semarang Raih Penghargaan Sebagai Kota Terbersih se-Asia Tenggara
tim penilaian ASEAN Tourism Forum saat visitasi di Semarang (doc kompas)

Namun 2 tahun lalu Semarang gagal meraih juara itu lantaran kalah bersaing dengan Muar, sebuah distrik di negara bagian Johor, Malaysia.

Saat itu, kota kecil yang berada di barat laut Johor Bahru itu meraih predikat sebagai Kota Terbersih se-Asia Tenggara periode 2018-2020. 

Kini, warga Semarang layak berbangga karena penghargaan (Award) Kota Wisata Terbersih se-Asia Tenggara ini telah resmi diraih Kota Semarang dalam ajang ASEAN Tourism Forum sebagai ASEAN Clean Tourist City Standard 2020 – 2022 yang digelar di Brunai Darussalam, Kamis (16/1/2020) kemarin.

Semarang Raih Penghargaan Sebagai Kota Terbersih se-Asia Tenggara
Sekda Semarang Iswar Aminudin, saat menerima Award (foto istimewa)

Penghargaan diberikan kepada Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin mewakili Wali Kota Hendrar Prihadi yang berhalangan hadir.

Penghargaan Kota Wisata Terbersih se-Asia Tenggara yang diraih Kota Semarang ini sekaligus memupus harapan kota tujuan wisata lainnya dari Indonesia; seperti Denpasar, Jogja, dan Bandung.

“Ini saya persembahkan untuk semua warga Semarang, kita mendapatkan award dalam kompetisi wisata bersih se-Asia Tenggara,” ujar Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi), dalam pesan tertulis.

Dengan raihan ini, selama dua tahun ke depan hingga 2022, penghargaan Kota Terbersih se-ASEAN ini akan menjadi milik Kota Semarang. Sekaligus juga tantangan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas kebersihan di kota ini.

Program Semarang Wegah Nyampah

Program Semarang Wegah Nyampah, larangan penggunaan sedotan plastik dan kantong plastik di seluruh mini-market yang digagas Wali Kota Hendrar Prihadi mengantarkan Kota Semarang menjadi Kota Wisata Terbersih se-Asia Tenggara.

Selain itu, emisi gas buang kendaraan di Semarang dianggap masih taraf normal, serta keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang mencapai lebih dari 30 persen dari total wilayah, menjadi kunci sukses lainnya.

Semarang Raih Penghargaan Sebagai Kota Terbersih se-Asia Tenggara

Sebagai satu-satunya kota yang meraih predikat Clean Tourist City di ASEAN, Semarang memang jauh lebih ramah dari polusi udara dan sampah dari kompetitor lainnya.

Berkat program-program dari tingkat RT, kelurahan, kecamatan, hingga level Pemerintah Kota kebijakan menjaga kebersihan dan kenyamanannya juga selalu terjaga dengan baik.

Indonesia Raih 13 Penghargaan

Di ajang dua tahunan itu, Indonesia memborong 13 penghargaan di bidang kepariwisataan dalam ajang ASEAN Tourism Award 2020 itu.

Penghargaan ASEAN Tourism Award 2020 yang diraih Indonesia terdiri atas empat kategori. Kota Semarang di Jawa Tengah meraih predikat ASEAN Clean Tourist City Standard Award.

Dalam kategori ASEAN Sustainable Tourism Standard Award, Indonesia diwakili dua pemenang, yakni Kampung Naga di Tasikmalaya menerima anugerah untuk sub kategori Rural Sustainable Product, sementara Dusun Bambu di Bandung Barat mendapat penghargaan untuk sub kategori Urban Sustainable Product.

Untuk kategori ASEAN MICE Venue Standard 2020, ada lima hotel Indonesia yang meraih penghargaan yang terbaik se-ASEAN. Mereka adalah The Mulia, Mulia Resort and Villas Nusa Dua Bali, Hotel Tentrem Yogyakarta, The Trans Luxury Hotel Bandung, Vasa Hotel Surabaya, dan Eastparc Hotel Yogyakarta.

Kategori terakhir, ASEAN Green Hotel Standard Award, juga dimenangi lima hotel dari Indonesia. Kelimanya adalah Hotel Alila Solo, JW Marriott Hotel Surabaya Hotel Double Tree by Hilton Jakarta, Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, dan Shangri-La Hotel Surabaya.

Semoga Indonesia selalu bisa menjaga kebersihan dan kenyamanan warga dan wisatawannya hingga menjadi yang terbaik tidak hanya di level ASEAN saja, tapi juga di level Asia seluruhnya.

Related Articles

Back to top button