Kabar Indonesia

Semarang Raih Penghargaan Kota Sehat Swastisaba Wistara dengan Predikat Tertinggi

ENERGIBANGSA.ID – Banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk terus menerapkan program-program kerjanya demi kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat, sehingga tidak heran muncul inovasi-inovasi baru yang ternyata menginspirasi dan layak untuk diberikan penghargaan.

Salah satu kota yang mencuri perhatian akhir-akhir ini adalah Kota Semarang. Siapa sih yang tidak tahu tentang Semarang? Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini memang menarik karena sangat unik dan merupakan kota yang layak untuk ditiru oleh kota lain dalam proses perencanaan untuk membangun kota yang lebih baik dan maju.

Siapa sangka, ternyata Kota Semarang juga dinobatkan dan meraih penghargaan kedalam kota sehat dalam kategori Swasti Saba Wistara yang diserahkan oleh Tito Karnavian, selaku Menteri Dalam Negeri kepada Hendrar Prihadi di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementrian Dalam Negeri, Jakata pada 19 November 2019.

Penghargaan ini merupakan predikat tertinggi menurut Kementrian Kesehatan dan Kementrian Dalam Negeri dan juga tertinggi dari tingkat kategori yang terendah lain Padapa dan Wiwerda. Setelah sebelumnya Semarang juga pernah mendapatkan penghargaan predikat Padapa dan Wiwerda.

Walikota Semarang atau yang sering dipanggil Hendi ini merasa beryukur atas kerja keras untuk terus memberikan fasilitas dan kualitas kesehatan yang terbaik bagi masyarakat Semarang.

Tidak hanya itu, keberhasilan ini juga merupakan kerjasama dan kolaborasi dengan elemen masyarakat seperti Forum Kota Sehat dan PKK Kota Semarang. Karena jika dilakukan secara bersama-sama maka hasilnya tidak menghianati usaha dan penanganan kesehatan akan dapat segera diatasi dengan inovasi-inovasi yang baru.

Disisi lain, dilansir dari DetikNews.com mendapat penghargaan ini karena dianggap juga berhasil dalam menjalankan lima tatanan kawasan sehat di beberapa kawasan seperti daerah pemukiman, sarana dan prasarana, kawasan pariwisata sehat, kehidupan sehari-hari masyarakat yang mandiri, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan sosial, kawasan sarana lalu lintas tertib sampai pada pelayanan transportasi.

Dengan keberhasilan yang telah diraih ini, berharap agar masyarakat Semarang untuk memiliki kesadaran dan juga komitmen dalam menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekitar sebagai kota yang bersih dan sehat karena jika lingkungan terjaga maka masyarakat akan merasa nyaman tetap tinggal sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan yang semakin meningkat.

Untuk itu, ayo Sobat Energi bersama merealisasikan ajakan Walikota Semarang untuk terus berkomitmen menjaga lingkungan.

Related Articles

Back to top button