Semarang
Pemandangan Ikon Semarang, Tugu Muda di malam hari yang semakin cantik. (dok idntimes.com)
NationNews

Semarang Berdandan, Walikota Diganjar Berbagai Penghargaan

0

ENERGIBANGSA.ID – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dalam membangun kota lunpian ini perlahan mulai menunjukan hasil. Tidak hanya wajah Semarang saja yang kini berubah tetapi juga selaras dengan jejeran prestasi yang diraih.

Setelah beberapa waktu yang lalu, capaian pembangunan ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini mendapat pengakuan dari European Society for Quality Research, kali ini giliran Asia Global Council (Dewan Global Asia) yang memberikan apresiasi terhadap upaya Pemkot Semarang dalam Pembangunan.

Apresiasi tersebut ditunjukan dengan menetapkan Hendrar Prihadi selaku Walikota Semarang sebagai Asia Best Mayor Of The Year 2019 dalam ajang Asia Global Award 2019, acara yang diadakan Asia Global Council dan Seven Media Asia di The Trans Resort, Bali, akhir pecan lalu.

Penghargaan itu diserahkan secara langsung oleh Presiden Asia Global Council, Michael Tan, kepada Wali Kota Semarang yang diwakili Kepala Bagian Humas Kota Semarang, Wing Wiyarso.

Potret Medali dan Sertifikat dari penghargaan yang diberikan Asia Global Council kepada Walikota Semarang, Hendrar Prihadi. (dok suaramerdeka.com)

Dalam sambutannya, Michael Tan menegaskan bahwa apresiasi itu diberikan atas dasar kegigihan, prestasi dan sumbangsih dalam pembangunan.

Menurut dia, pembangunan harus dilihat secara dinamis. Pada dasarnya pembangunan mencakup berbagai perubahan mendasar, struktur sosial, sikap-sikap masyarakat dan institusi-institusi sosial.

“Selain itu juga mengejar akselerasi pertumbuhan ekonomi, penanganan ketimpangan pendapatan, serta pengentasan kemiskinan,” tambah Michael Tan dikutip energibangsa.id dari suaramerdeka.com.

Sementara di tempat dan waktu yang berbeda, ucapan terimakasih disampaikan Hendi, sapaan Walikota Semarang, kepada Asia Global Council atas apresiasi yang mereka berikan untuk pembangunan kota Semarang.

Dia menegaskan bahwa perubahan kota Semarang saat ini merupakan hasil daripada dukungan-dukungan dari berbagai pihak.

“Perubahan positif yang terwujud hari ini adalah karena semua ikut mendorong. Maka tentu saja terimakasih atas apresiasinya. Tapi ini adalah apresiasi untuk seluruh masyarakat Kota Semarang,” terang Hendi.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat meletakkan olahan semen di Gedung Dinas Kesehatan, yang saat ini sedang dibangun. (suaramerdeka.com/Hendra Setiawan) 

Selama memimpin Semarang 1,5 periode, Hendi telah mendadani Ibu kota Jawa Tengah hingga seperti saat ini. Berbagai lompatan pembangunan pun dilakukan oleh Pria 48 tahun ini.

Mulai dari Revitalisasi Ruang Publik yaitu Taman dan Pedestrian, Transformasi Birokrasi, Kondisi Infrastruktur Jalan baik yang naik dua kali lipat dalam beberapa tahun terakhir, Pengurangan Luasan Wilayah Rawan Banjir yang cukup besar, hingga Investasi masuk yang meningkat berpuluh-puluh kali lipat dari sebelumnya.

Tak ayal bila berbagai penghargaan baik dari dalam negeri dan luar negeri disematkan kepada Kota Semarang.

Potret Hasil Penataan Kota Lama Semarang yang dilakukan Pemkot Semarang. (dok posjateng.id )

Adapun sebelum menetapkan Hendi sebagai Asia Best Mayor Of The Year 2019, Asia Global Council terlebih dahulu melakukan pendataan untuk menilai sejumlah aspek yang mencakup pendidikan, dampak kepemimpinan, pemasaran dan inobasi di tingkat Asia.

Hasil pendataan tersebut, bedasarkan informasi yang dihimpun tim energibangsa.id dikerucutkan dengan melakukan pengukuran gaya kepemimpinan, kecepatan merespon masalah dan daya tarik.

Masyarakat setempat pun juga turut dilibatkan untuk memberikan gambaran kepuasan serta kemanfaatan dari kepemimpinan para nominator.

Dengan begitu, panitia berharap memperoleh gambaran nyata respon masyarakat terhadap hasil pembangunan penerima penghargaan.

Secara khusus ditegaskan oleh Asia Global Council dalam menetapkan pemenangan pada ajang Asia Global Award 2019, pengumpulan data dilakukan sepanjang tahun 2018.

Dengan tambahan penghargaan ini, diharapkan bisa menjadi pemecut bagi Pemkot Semarang kedepan dalam berinovasi untuk pembangunan Semarang yang lebih baik lagi.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Jakarta Bisa Adopsi, Jurus-Jurus Sakti Melawan Polusi

Previous article

Ibu Kota Dipastikan Pindah, Warganet Setujukah?

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Nation