Kabar IndonesiaNasional

Semakin Fleksibel, PNS Bisa Kerja dari Rumah Seperti Karyawan Startup

ENERGIBANGSA.ID – Kabar gembira kembali menghampiri para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh penjuru Indonesia. Sebab kini PNS bisa lebih luwes bekerja dari rumah tanpa harus ke kantor.

Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja mengungkapkan wacana ini meniru gaya kerja dari perusahaan rintisan (startup) yang sedang menjamur saat ini.

[Baca juga: CoHive, Coworking Space Terbesar di Indonesia Luncurkan Produk Layanan Baru]

Guna menunjang fleksibilitas jam kerja dari PNS atau sekarang disebut juga dengan Aparatur Sipil Negera (ASN), Kemenpan-RB kini tengah menggodok wacana tersebut sebelum benar-benar diberlakukan. Menurutnya, hal ini juga termasuk dalam indikator sebuah birokrasi.

“Nanti akan bisa kerja dari rumah, tinggal ngatur aturannya kayak bagaimana,” katanya dalam Forum Merdeka Barat di Auditorium KemenPAN-RB, Jakarta, Kamis (8/8/2019), dikutip dari Detik.

[Baca juga: Beri Perhatian Khusus, Ini Pesan Risma Ke pelaku Startup]

Selain alasan fleksibilitas, Wangsa menjelaskan bahwa cara kerja ala anak startup ini bertujuan untuk efisiensi agar para PNS semakin lekat dengan pemanfaatan IT yang diterapkan dalam pekerjaan. Langkah ini diawali dengan mulai memberlakukan rekrutmen CPNS berbasis IT sejak tahun 2014 lalu.

Data yang dirangkum Tim Energi Bangsa dari Global Talent Competitiveness Index tahun 2018 menunjukkan bahwa Indonesia menempati peringkat 77 dari 119 negara. Pada index tersebut, Indonesia meraih skor terendah dalam aspek global knowledge skills, terutama penguasaan IT.

Pemanfaatan kedai kopi sebagai tempat kerja muda-mudi (Foto: casciscus)

Diharapkan dengan sistem yang baru ini, PNS dapat mewujudkan percepatan, efisiensi, dan akurasi pelayanan yang lebih baik sehingga berdampak pada kehidupan sosial. Oleh karena itu fleksibilitas jam kerja akan diberikan untuk PNS dengan posisi tertentu.

Namun perlu diperhitungkan juga bagaimana sistem pengawasan yang akan diterapkan apabila para PNS mendapat keleluasaan untuk bekerja dari rumah.

Wah kalau seperti ini para pengusaha coffee shop harus menyiapkan space lebih luas lagi nih. Karena selain anak-anak startup, kedai es kopi juga akan segera diramaikan oleh para PNS yang remote working.

Related Articles

Back to top button