Pendidikan

Selaraskan Bakat Mahasiswa Baru, Prodi Manajemen Unwahas Gelar Talent Mapping Assesment

SEMARANG, energibangsa.id – Suasana akrab dirasakan kurang lebih oleh 230 mahasiswa baru program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unwahas saat berada dalam sesi Batch #1 “Talent Mapping Assessment”.

Sesi penyambutan mahasiswa baru tersebut berlangsung di Lab MSDM Beraksi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wahid Hayim, Minggu (18/9).

Pembukaan acara disambut Kaprodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unwahas, yang dalam hal ini diwakili oleh Muhammad Purnomo dengan mengatakan, mahasiswa butuh keterampilan dalam bidang hard skill di perkuliahan dan soft skill melalui kegiatan-kegiatan yang bisa mendorong kompetensi diri ke depan.

“Teman-teman Manajemen merupakan mahasiswa terbesar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar kepada universitas terkait prestasi,” ujarnya mewakili Ratih Pratiwi, S.Pd., M.Si., MM.

Tujuan Kuliah

Masuk ke acara inti yang diisi oleh Dosen FEB Manajemen, Dr. Cuk Jaka Purwanggono, ST.,MM. Disampaikan bahwa tujuan berkuliah adalah untuk membentuk pola pikir, sikap, dan perilaku yang baik sehingga bermanfaat saat memasuki dunia kerja.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi Talent Mapping Leadership Capability Development Program for Millenial Generation.

Purwanggono menyampaikan pentingnya diri mencoba belajar memahami orang lain, baik sifat maupun perilakunya.

“Kebanyakan orang tidak mau tahu kelebihan orang lain. Orang lain dianggap lemah, salah. Kita cenderung menyalahkan, bahkan membenci. Harapannya mahasiswa memahami lingkungan dan diharapkan lebih intelektual dalam bersikap. Itu bedanya orang berpendidikan dengan tidak,” ungkapnya.

Dominasi materi berisi uraian memahami kepribadian diri dan pengenalan umum bagaimana bersikap dalam menyambut dunia pendidikan yang lebih tinggi.

Bagi-Bagi Hadiah

Tak luput acara juga diselingi dengan hiburan dengan mengajak mahasiswa melakukan tes Assessment MBTI melalui ponsel masing-masing guna memberi gambaran tiap mahasiswa memahami kepribadian diri.

Setelah sesi tes MBTI bersama, dilanjutkan dengan sesi pembagian hadiah kepada peserta khusus dengan cara memilih berdasarkan pertanyaan yang didasarkan pada hasil tes yang relate.

Purwanggono lantas mengajak salah satu mahasiswi bernama Zulfa asal Afganistan dan mencoba membacakan hasil tes kepribadiannya.

Selain itu, mahasiswa lainnya juga diberikan kesempatan dibacakan hasil tes oleh Dosen FEB Manajemen tersebut.

Acara berlangsung khitmat dan lancar diiringi antusiasme dari mahasiswa baru program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. (ara)

Related Articles

Back to top button