fbpx
Kabar Daerah

Sebanyak 495 CPNS Resmi Terima SK, Ini Pesan Bupati Tegal…

TEGAL, energibangsa.id – Bupati Tegal, Umi Azizah, telah resmi mengangkat 495 CPNS di Pendopo Amangkurat, Selasa (19/1) lalu. Pesannya, CPNS ini diharapkan menjadi smart ASN dan tidak korupsi.

Surat Keputusan (SK) telah diberikan oleh Bupati Tegal kepada 44 orang perwakilan CPNS. Acara ini juga diikuti oleh anggota CPNS lainnya yang dilakukan secara virtual.

Ia berpesan, agar nantinya CPNS ini bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Dimana pola pikir dan pola kerja tidak selalu berjalan sama. Mengingat, terdapat perbedaan generasi dimana 50 persen PNS di Pemkab Tegal berusia di atas 50 tahun.

“Saya yakin, CPNS baru ini mampu berkembang menjadi ASN ber­integritas yang memiliki jiwa dan semangat nasionalisme tinggi, profesional, dan berwawasan global. Saya pun optimis, melalui sumbangsih keilmuan dan pemikiran saudara yang direkrut melalui sistem seleksi yang ketat akan bisa membawa organisasi pemerintahan ini bersaing di era digital, era global,” ungkapnya.

Sebagai generasi ASN millennial, CPNS baru telah menguasai sejumlah kompetensi teknis dasar. Seperti, teknologi informasi, Bahasa asing, hospitality, networking dan entrepreneurship.

Integritas ASN

Ia menegaskan, integritas agar ASN tidak korupsi juga ditekankan. Dirinya meminta, jika nanti di lingkungan kerja terdapat tindakan yang melanggar hukum bisa lapor ke pihaknya.

“Ada kanal SMS dan Android Lapor Bupati yang juga siap melayani keluhan tidak hanya publik warga Tegal, tapi juga saudara yang dari internal pemerintahan,” ungkapnya.

Pelaksana tugas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tegal, Edi Budiyanto mengatakan, kebutuhan PNS di Tegal tahun 2019 lalu yaitu 499 formasi. Namun, hanya terisi 495 formasi dan lima formasi yang tersisia ini kosong tidak ada yang melamar dan tidak sesuai kualifikasi.

Rinciannya yaitu sebanyak 308 orang sebgai tenaga Pendidikan, tenaga kesehatan 71 orang dan tenaga teknis lainnya yaitu sebanyak 166 orang.

Menurutnya, proses penerimaan CPNS Formasi 2019 ini memang membutuhkan waktu yang panjang hingga setahun lantaran pandemi covid-19.

“Selamat bekerja per 1 Februari 2021 nanti. Semoga kita bisa bersama-sama mewujudkan visi dan misi pembangunan Kabupaten Tegal yang sejahtera, mandiri, unggul, berbudaya dan berakhlak mulia,” ujarnya. (*)

Related Articles

Back to top button