fbpx
Olahraga

Selamat Jalan Riedl, Terima kasih atas jasamu Opa!

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Jelang kembali bergulirnya Liga 1 Indonesia pasca jeda akibat pandemi virus corona, sepakbola nasional harus dirudung duka setelah mantan pelatih tim nasional Indonesia, Alfred Riedl, tutup usia.

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl

Sosok asal Austria berusia 70 tahun tersebut meninggal dunia pada malam ini Selasa (8/9) waktu setempat di tanah kelahirannya.

Riedl merupakan salah satu pelatih terbaik timnas Indonesia dengan menjadi sosok yang nyaris membawa Merah Putih memutus kutukan di Piala AFF pada 2010 silam.

Saat itu, Firman Utina dan kawan-kawan sukses melenggang ke final dengan status selalu menang, bahkan saat itu Indonesia mencatat sejarah menaklukkan Thailand untuk pertama kali di turnamen.

Sayang, performa gemilang Indonesia seolah lenyap di leg pertama final, bertanding di Stadion Bukit Jalil, Markus Horison harus melihat gawangnya bobol tiga kali sehingga timnas pulang dengan kekalahan 3-0.

Di leg kedua, Indonesia tidak mampu mewujudkan harapan pecinta sepakbola nasional, meski meraih kemenangan 2-1, Malaysia sukses menjadi juara karena unggul agregat 4-2.

Itu menjadi catatan terbaik Riedl dalam melatih Indonesia, karena meski sempat comeback pada 2014, Garuda gagal mengulang prestasi tersebut dengan tersingkir dari babak grup, kalah dari Vietnam dan Filipina. (goal).

Related Articles

Back to top button