Inspirasi BangsaKita Indonesia

Selain Rekor Karyanya Paling Laris, Andrew Suryono Adalah Orang Indonesia Pertama yang Masuk National Geographic

ENERGIBANGSA.ID – Adalah Andrew Suryono, Pria asal Surabaya yang berhasil menarik perhatian National Geographic melalui foto Orangutan in The Rain.

Merupakan suatu kebanggaan bagi seorang fotografer untuk karyanya dipajang di National Geographic, tak terkecuali Andrew Suryono.

Secara tidak sengaja Andrew belajar fotografi, sebelumnya ia merupakan mahasiswa teknik industri di salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat.

Setelah lulus Andrew bekerja di salah satu perusahaan besar Amerika.

Namun lambat laun Andrew merasa dirinya jenuh bekerja di perusahaan mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Baginya itu seperti penjara yang sangat membosankan.

Setelah resign ia mulai mempelajari tentang e-commerce.

Saat ia belajar mengenai aspek jualan di dunia maya, Andrew Suryono menemukan sebua teori yang membawanya mempelajari dunia fotografi yaitu “ foto adalah elemen yang paling penting yang bisa membantu penjualan barang’.Berawal dari sepotong kalimat itu Andrew mulai belajar fotografi. Pada tahun 2005 Andrew Suryono mengikuti kontes foto yang diadakan oleh National Geographic.

Kontes foto ini terbuka untuk amatir dan juga profesional.Ada sekitar 13.000 foto yang diseleksi. Sejak awal Andrew Suryono memang suka dengan buku dan majalah National Geographic sebagai sumber inspirasinya.

Ia memiliki cita-cita karyanya bisa dipublikasikan oleh National Geographic. Sebagai langkah awal mewujudkan cta-citanya ahirnya ia maju dalam kontes foto tersebut.

Tanpa disangka karya yang berjudul “Orangutan in The Rain” hasil jepretan Andrew Suryono ini mendapatkan penghargaan “Honorable Mention” di kompetisi International National Geographic.

Setelah karya Andrew Suryono ini banyak menuai respon postif, akhirnya tim National Geographic mengontaknya untuk melakukan kerjasama.

Kerjasama yang ditawarkan oleh National Geographic adalah menjual foto-foto Andrew di seluruh galeri foto mereka di Amerika.

National Geographic sendiri memiliki 9 galeri foto di kota-kota besar seperti New York, Las Vegas, Florida dan Hawaii.Menurut Andrew Suryono sendiri, untuk masuk dan menjadi bagian dari National Geographic tidak mudah.

Ia menyadari bahwa National Geographic memiliki cara unik tersendiri untuk menemukan fotografernya. Mereka mengontak sendiri fotografernya.

Selain itu mereka juga menilai dari portofolio melalui website resmi, dan hal lainya yaitu kemampuan presentasi sang fotografer serta pengetahuan mengenai objek yang difoto.

Prestasi Andrew Suryono ini patut dibanggakan publik Indonesa, pasalnya Andrew adalah orang Indonesia pertama yang fotonya berhasil masuk galeri National Geographic.

Selain itu Andrew juga merupakan orang Indonesia pertama yang duindang untuk mengadakan meet and greet oleh National Geographic.

Bahkan, karya “Orangutan in The Rain adalah satu-satunya foto dari Indonesia dan memecahkan rekor penjualan tercepat.

Wow, bakat seni bangsa Indonesia memang luar biasa ya, semoga kisah Adrew suryono ini mampu menjadi stimulan energi positif untuk anak bangsa Indonesia lainnya.

Related Articles

Back to top button