Gaya Hidup

Seks Bisa Berpotensi Sembuhkan Penyakit? Simak Sini

SEMARANG, energibangsa.id – Biasanya orang yang mengalami sakit sendi maupun sakit kepala mengatasinya dengan minum obat. Kamu kah salah satunya? Tapi minum obat terlalu sering tentu tidak baik bagi tubuh terutama organ ginjal yang harus bersusah payah mencernanya.

Hmm, jadi bingunkan sekarang. Minum obat kasihan ginjal, tapi kalau gak minum kasihan badan terasa sakit. Tenang aja, ada cari mudah untuk mengatasinya, dan yang jelas menyenangkan. Eh tapi cara ini hanya diperuntukkan untuk kamu yang sudah punya pasangan yang sah secara hukum.

Sudah kebayang belum? Ya benar, berhubungan seksual bersama pasangan. Dikutip dari Tirto.id, penelitian dari Wilkes University di Pennsylvania menyebut bahwa orang yang melakukan hubungan intim satu atau dua kali seminggu memiliki tingkat antibodi tertentu yang lebih tiggi dibanding orang yang jarang melakukan hubungan seks.

Bukan hanya terkait antibodi yang dihasilkan, bercinta juga seperti melakukan olahraga harian. Menggunakan otot, iya. Meningkatkan detak jantung, juga iya, ya pantas saja bercinta lelahnya sama seperti berolahraga.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut  penyakit maupun gangguan kesehatan yang mampu diredam dengan melakukan seks bersama pasangan :

1. Insomnia

Kamu punya masalah gangguan tidur? Kalau iya, melakukan hubungan seks lebih intens bisa jadi obat pereda.

Ini disebabkan, setelah melakukan hubungan seks, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang.Nah, biasanya hormon oksitosin ini akan lebih banyak dihasilkan oleh wanita. Selain itu, dengan memiliki kualitas tidur yang baik maka akan memberikan energi positif untuk melakukan aktivitas di hari esok.

2. Sakit Kepala/migrain

Rasa sakit yang dirasakan dapat berkurang ketika bercinta disebabkan ketika berhubungan seks, tubuh mengeluarkan senyawa endorphin atau zat kimia dari otak yang bersifat menenangkan.

Jadi saat Kamu atau pasangan merasa sakit kepala, jangan ragu untuk mengajaknya melakukan aktivitas di ranjang. Tambahkan pula aroma-aroma menenangkan untuk menambah rileks dalam dirimu. Namun, sebaiknya lakukan gerakan yang lembut dan konstan saat bercinta ketika sedang sakit kepala. Ciuman pada area punggung dan pundak bisa menjadi rangsangan yang baik untuk meredakan sakit yang dialami.

3. Pilek

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Manfred Shedlowski, seorang peneliti di Swis, seks dapat membantu menyembuhkan pilek karena fagosit yang merupakan bagian dari sistem kekebalan yang dapat menyerang dan membunuh kuman pilek.

4. Stress

Semakin stres seseorang, semakin rendah pula libidonya, namun dengan berhubungan seks dapat meningkatkan libido dan menghilangkan stres. Stres dapat hilang karena berhubungan seks dapat menciptakan perasaan tenang dan membuat seseorang bernafas dengan baik.

5. Demam

Saat tubuh menunjukkan gejala demam, seperti flu, batuk, dan badan sedikit menggigil, jangan langsung terburu-buru mengonsumsi obat-obatan. Kamu cukup berhubungan seks bersama pasangan tanpa menggunakan busana. Berikan pelukan yang erat kepada pasangan untuk meringankan tubuhnya yang menggigil.

Melakukan hubungan seks setidaknya sekali dalam seminggu, mampu meningkatkan antibodi immunoglobulin A dalam tubuh yang mampu melindungi dari gejala virus flu atau infeksi lainnya.

6. Jantung

Seorang profesor sekaligus direktur medis British Heart Foundation mengatakan, berhubungan seks baik bagi jantung. Berhubungan seks setara dengan berjalan kaki satu mil atau naik turun tangga dua penerbangan. Pria yang berhubungan seks setidaknya dua kali seminggu memiliki risiko lebih rendah mengalami serangan jantung. Sementara bagi wanita, berhubungan seks dapat membantu melawan penyakit jantung lewat peningkatan kadar esterogen.

7. Radang Sendi

Spesialis radang sendi di Filadelfia George E Erlich menemukan 70  persen penderita radang sendi berkurang rasa nyerinya setelah berhubungan seks. Hal ini disebakan ketika berhubungan seks tubuh menghasilkan lebih banyak kortison dalam tubuh yang dapat mengurangi peradangan, penyebab dari nyeri sendi.Gimana, menarik bukan? Sakit hilang hatipun senang, ditambah semakin mesra dengan pasangan. Duh, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Tapi, jika dirasa sakitmu belum kunjung sembuh, jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter ya, Sob! (Sasa/EB).

Related Articles

Back to top button