Kabar IndonesiaPendidikan

Seberapa Penting Memiliki IPK Tinggi Bagi Mahasiswa?

ENERGIBANGSA.ID – Bagi sebagian mahasiswa mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi adalah sebuah dambaan. Bahkan tak jarang lulus dengan IPK tinggi dan mendapatkan predikat cumlaude menjadi target utama kebanyakan mahasiswa.

Tapi, apa benar lulusan dengan predikat cumlaude akan memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan? Jawabannya tentu tidak, karena dunia industri saat ini tak hanya berpatokan pada segi nilai.

Memang benar, ada sebagian instansi atau perusahaan yang menetapkan standar minimum nilai atau IPK tapi bukan berarti IPK adalah segalanya. Sebab saat ini banyak perusahaan yang lebih berfokus pada skills dan pengalaman yang dimiliki para pelamar.

Nah buat kalian Sobat Energi terutama yang masih kuliah kalian bisa persiapkan hal-hal berikut yang sudah Tim energibangsa.id rangkum supaya kalian bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah setelah lulus nanti.

Publikasikan Tugas Kuliah Kalian
Tugas dan mahasiswa telah menjadi dua hal yang terpisahkan. Tentunya selama kuliah Sobat Energi diberikan berbagai macam tugas dari dosen. Nah, kalian bisa manfaatkan hal tersebut. Mulailah memilih tugas apa saja yang bisa dan layak untuk dipublikasikan sebab tugas kalian yang terpublikasi nantinya bisa menjadi portofolio bagi kalian. Hal ini bisa menjadi nilai plus ketika kalian melamar kerja nanti.

Magang Bisa Jadi Pilihan
Sebagian mahasiswa tentu sudah ada yang memiliki pandangan ingin bekerja dimana di perusahaan apa. Nah jika perusahaan yang kalian suka belum membuka lowongan kerja, internship bisa jadi pilihan yang tepat. Tak hanya berkesempatan mengenal lebih dulu lingkungan kerja di sana kalian juga bisa mengasah skills kalian dan tentunya menambah pengalaman.

Carilah Teman Sebanyak-banyaknya untuk Memperluas Relasi
Tak bisa dipungkiri jika relasi itu penting. Untuk itu, Sobat Energi bisa mulai memperluas relasi kalian lewat hubungan pertemanan. Kalian bisa dengan bergabung dengan organisasi-organisasi baik di kampus maupun di luar kampus. Bisa juga dengan berpartisipasi sebagai volunteer kegiatan atau event tertentu yang tentunya sesuai dengan minat kalian.

Cobalah Berdiskusi Rencana Masa Depan Kalian dengan Dosen
Dosen tak hanya berperan sebagai seorang pendidik yang memebrikan materi kepada kita dan membimbing kita di saat pembuatan skripsi. Sobat Energi bisa loh mendiskusikan tentang rencana masa depan kalian baik pekerjaan atau studi lanjutan dengan dosen kalian. Tentunya pilihlah dosen yang kalian anggap paling nyaman untuk diajak berdiskusi. Dengan begitu kalian mendapatkan saran dan masukan yang berguna untuk diri kalian.

Nah, dari keempat tips tadi adakah tips di atas yang sudah Sobat Energi lakukan? Jika belum tak masalah, Sobat Energi bisa memulainya dari sekarang. Tetap semangat ya

Related Articles

Back to top button