fbpx
Nasional

Sebanyak Lima Daerah di Jateng dan DIY Bakal Terima Vaksinasi Tahap Pertama

SEMARANG, energibangsa.id – Tiga daerah di Jateng dan dua daerah di Yogyakarta menjadi prioritas pertama vaksinasi tahap pertama. Hal ini sudah dipertimbangkan oleh pemerintah daerah setempat.

Dilansir dari detik.com, Rabu (13/1), tiga daerah prioritas di Jateng  yang akan emndapatakan vaksinasi pertama kali yaitu Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kota Solo.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengatakan, ketiga daerah tersebut akan melakukan vaksinasi covid-19 pada tanggal 14 Januari 2021. Hal ini diungkapkan Ganjar usai menghadiri acara Sosialisasi Pemberian Vaksin covid-19 bagi tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Tugurejo, Semarang.

Alasan Ganjar baru mendistribusikan vaksin di tiga daerah lantaran vaksin yang diterima oelh Jateng masih terbatas. Sehingga vaksin ini tetap akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan terlebih dahulu.

“Maka dengan hari pertama insyaallah besok di tanggal 14 kita mulai maka kita akan berikan nakes disitu dulu,” ungkapnya.

Sebnayak 62.650 dosisi vaksin covid-19 telah tiba di Jateng  dan disimpan di Gudang penyimpanan milik Dinas Kesehatan Provinsi. Maka dari itu, Ganjar menyebut bahwa ada delapan ribu dosis vaksin yang akan dikirim ke tenaga kesehatan di daerah lain.

“Nah itu nanti akan kita pakai untuk nakes-nakes yang memang daerahnya sangat membutuhkan, missal setelah itu bisa Bnayumas atau daerah-daerah yang kemarin cukup rawan,” ujarnya.

Pemda DIY

Sedangkan Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah mendapatkan 26.800 dosis vaksin. Dua daerah yang diprioritaskan DIY yaitu Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman yang menjadi penerima vaksinasi pertama.

Juru Bicara Pemda DIY untuk penanganan covid-19, Berty Murtiningsih mengatakan, dalam vaksinasi tahap pertama ini Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta akan mendapatkan 9.728 dosis. Sedangkan untuk Dinas Kesehatan Sleman akan mendapatkan 12.342 dosis vaksin.

“Distribusi ke Kota Yogyakarta dan Kabupaten Slemen rencana akan dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2021,” ungkapnya.

Penerapan tahap pertama vaksinasi baik bagi Jateng dan DIY sudah dipertimbangkan dengan merujuk keputusan dari Kemenkes RI. Nantinya, bagi daerah yang belum mendapatkan vaksin di tahap pertama ini, akan diberikan pada tahap berikutnya. (*)

Related Articles

Back to top button