fbpx
Kabar Daerah

Sebanyak 62.500 Vaksin Covid-19 Telah Tiba di Jateng, Mantab Lur..

SEMARANG, energibangsa.id – Vaksin covid-19 telah datang di Jateng tepatnya berada di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Ngaliyan, Kota Semarang. Sebanyak 62.500 unit telah tiba pada Senin (4/1) dini hari pukul 03.00 WIB.

Pengiriman distribusi vaksin covid-19 ini mendapat pengalawan dari anggota Brimob Polri yang bersenjata lengkap dan mengendarai dua unit mobil lapis baja Barracuda. Vaksin tersebut juga diangkut dengan truk boks khusus yang berpendingin milik Kementerian Kesehatan.

Baru saja tiba di Semarang, vaksin covid-19 langsung dikemas menggunakan 32 karton yang langsung dipindahkan ke ruang pendingin sesuai dengan suhu yang diharuskan. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga keefektivan dari vaksin covid-19.

Kapolsek Ngaliyan, Kompol R. Justinus mengatakan, semua jajaran baik dari Polrestabes Semarang dan juga polsek diminta untuk mengamnkan dan menjaga vaksin covid-19. Vaksin ini dinilai sebagai objek yang sanagat berharga karena berkaitan dengan keselamatan masyarakat.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan mulai Minggu (3/1) sudah melakukan pendistribusian vaksin covid-19 secara bertahadp termasuk juga sampai ke Jateng. Ia menambahkan, untuk pendistribusian vaksin di Jateng akan diatur dan ditata oleh jajaran Dinas Kesehatan.

Pendistribusian vaksin dari pemerintah pusat

Pendistribusian pemerintah pusat melalui Biofarma sebagi distributor, pada Senin (4/1) telah mengirimkan vaksin ke beberapa provinsi. Provinsi yang mendapatkan hari ini adalah Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan. Bengkulu, Lampung dan Jateng. Selanjutnya yaitu Banten, Bali, Kalimantan Utara, Selawesi Barat dan Papua.

Jumlah unit vaksin covid-19 yang ditermia tiap provinsi tentunya berbeda sesuai dengan kasus covid-19 di daerah setempat. Maka dari itu Jatim dan Jateng masuk kedalam provinsi yang mendapatkan pengiriman dosis terbanyak.

Jumlah pengiriman ke Jatim sebanyak 77.670 sedangkan Jateng mendapat 66.560. Selanjutnya yaitu Lampung mendapat 40.520 dan Sumatera Barat dengan 36.920 dosis vaksin covid-19.

Sebagai tambahan informasi, diharapkan Provinsi Jateng, Jatim dan Banten vaksinnya tiba pada hari ini. Sedangkan daerah lainnya ditargetkan tiba pada Selasa (5/1) terkhusus Sulawesi Barat, ditargetkan akan tiba paling lambat pada Kamis (7/1) nanti. (*)

Related Articles

Back to top button