fbpx
Kabar Daerah

Sebanyak 125 Unit Alat Terapi Oksigen Didonasikan Untuk RS Rujukan Covid-19 Jateng

SEMARANG, energibangsa.id – Rumah sakit rujukan Covid-19 di Jateng mendapat hibah alat terapi oksigen sebanyak 125 unit. Alat ini sangat membantu pasien yang tengah menjalani perawatan dan meningkatkan tingkat kesembuhan pasien Covid-19.

Dilansir dari beritasatu, Senin (28/12), alat terapi oksigen ini beraliran tinggi atau high flow nasal cannula (HFNC). Alat ini merupakan hasil temuan dari anak bangsa yang berkiprah di Lembaha Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

“Alat ini berfungsi membantu pasien Covid-19 yang mengalami masalah pernapasan tingkat menengah. Dengan cara mengalirkan oksigen beraliran tinggi ke dalam paru-paru,” ungkap Purwono Nugroho, program manager bakti sosial Djarum Foundation.

Ia mengatakan, pembagian alat kesehatan HFNC dilakukan melalui tiga tahap. Tahap pertama dan kedua telah terdistirbusikan sebanyak 40 unit ke sejumlah rumah sakit di Jateng. Tahap ketiga yaitu sebanyak 85 unit disalurkan ke seluruh Indonesia.

Selesai pada akhir tahun 2020

Dipastikan, pendistribusian sebanyak 125 unit alat kesehatan akan selesai pada akhir tahun 2020. Bantuan ini sebagai bentuk dukungan kepada pasien yang sedang dirawat dan juga bentuk apresiasi kepada tenaga medis yang selama ini telah membantu.

Direktur RSI Sunan Kudus, Ahmad Syaifuddin, turut mengapresiasi atas diberikannya donasi alat terapi oksigen. Ia yakin bahwa hasilnya bisa mencegah penderita masuk ke dalam tahap yang lebih berat atau serius.

Alat terapi oksigen ini membuat kondisi awal langsung terdeteksi sehingga bisa mencegah pasien makin memburuk. Maka dari itu, alat ini sangat membantu dalam penanganan pasien Covid-19.

Sebagi informasi tambahan, alat terapi oksigen beraliran tinggi (HFNC) ini diproduksi oleh PT Gerlink Utama Mandiri. Alat ini dibuat dengan lebih sederhana disbanding ventilator yang sangat kompleks. Ditambah juga, alat ini dijual dengan harga lebih terjangkau yaitu Rp60 juta per unitnya. (*)

Related Articles

Back to top button