fbpx
Kabar Daerah

Sebanyak 100 Sertifikat Lahan Diberikan, Program Pemkab Rembang Dukung Sektor Pertanian

REMBANG, energibangsa.id – Pemerintah Kabupaten Rembang memberikan 100 sertifikat Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) yang juga merupakan program daerah Rembang. Sertifikat ini diserahkan kepada warga Desa Pamotan Kecamatan Pamotan, di pendapa balai desa.

Sertifikat ini dibutuhkan mengingat nantinya Kabupaten Rembang akan menjadi salah satu wilayah industri. Namun, tetap harus mempertahankan sektor pertanian juga sehingga diperlukan persiapan yang matang dan baik.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Rembang, Imam Maskur dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Rembang, Joestiennarni mengatakan, untuk mempertahankan lahan pertanian dan meningkatkan produksi pertanian dengan proses intensifikasi dibutuhkan sertifikat yang nantinya akan menyelamatkan para petani dari adanya kawasan industri.

Masyarakat terbantu

Dengan adanya Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) pihak Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) mengharapkan agar masyarakat terbantu dengan bisa membuka akses ke perbankan atau bisa menekan alih fungsi lahan pertanian ke lahan non pertanian.

Sertifikat tanah berfungsi untuk mengetahui status dan hukum atas tanah tertentu seperti letak, luas dan Batasan atas tanah. Dengan begitu, juga bisa menjadi patokan agar tidak terjadi sengketa atas kepemilikan tanah karena tanah yang dimiliki sudah tercatat oleh pemerintah dan hukum.

Warga Desa Pamotan sangat terbantu dengan adanya program sertifikat massal. Bahkan masyarakat setempat tidak memikirkan untuk mengurus sertfikat sawahnya. Hal ini dikarenakan jika mengurus sendiri tanpa adanya program sertifikat massal, biaya yang dikeluarkan akan mahal. (*)

Related Articles

Back to top button