Kabar Indonesia

Sebangsa, Aplikasi Media Sosial Pemersatu Bangsa

ENERGIBANGSA.ID – Media Sosial menjadi suatu kebutuhan bagi pengguna internet untuk dimanfaatkan dalam mencari berbagai informasi, hiburan, atau hanya sekedar bersosialisasi dengan orang lain.

Bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak media sosial yang digunakan, salah satunya adalah aplikasi yang mendominasi di Indonesia yakni Sebangsa. Diciptakan oleh Enda Nasution dan Indira B. Widjonarko pada tahun 2014.

Dilihat dari namanya saja sudah terlihat bahwa sebangsa ini memang berkonsep Indonesia dan berbasis layanan publik untuk menjadi solusi yang bermanfaat bagi para penggunanya agar lebih terstruktur. Tampilannya seperti twitter dan facebook pada umumnya dengan logo bergambar angklung berwarna hijau dan bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang digunakan dalam percakapan sehari-hari terkadang juga bahasa baku.

Tujuan adanya Sebangsa adalah untuk menyatukan bangsa dari beragam komunitas, perkumpulan di Indonesia yang saling melengkapi satu dengan yang lain. Namun yang membedakan sebangsa dengan aplikasi media sosial lain adalah pada fitur yang ditawarkan.

Sebangsa memiliki fitur grup tanpa batasan jumlah pengguna dengan sticker yang lucu dan gaul untuk beberapa perkumpulan atau komunitas Indonesia bahkan adapun komunitas TKI yang berasal dari luar negeri.

Ada juga layanan Japri yang digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan pengguna lain. Ada fitur 991 yang memberikan kabar darurat yang sedang dialami, Fitur Pesan Panik dan Kirim Jaga-Jaga yang dikirimkan dengan merekam suara saat kondisi darurat kepada orang terdekat untuk memonitori melalui GPS atau nomer telpon pihak terwajib akan muncul secara otomatis.

Untuk pengaduan keluhan, pengguna bisa dilakukan dengan melalui 1800. Kemudian Keluhan atau informasi tersebut akan muncul di linimasa sehingga pengguna lain akan mengetahui keluhan itu.

Namun tidak perlu khawatir, jika ada informasi yang palsu atau tidak sesuai maka ada Administrator yang memantau postingan-postingan yang di upload para pengguna sebangsa. Postingan-postingan di sebangsa sangat nasionalisme karena ada campur sari, keroncong, kebudayaan, agama dan lain sebagainya. Karena konten yang bersifat informasi atau berita berasal dari para pengguna sebangsa itu sendiri yang aktif sambil memberikan solusi bukan didapatkan dari portal berita atau instansi yang terpercaya.

Dilansir dari CNN Indonesia, Enda mengatakan bahwa belum pernah ada jenis platform seperti ini di dunia, diharapkan sebangsa hadir untuk menyatukan dan menjangkau bangsa.

Apakah Sobat Energi tertarik untuk menggunakan media sosial buatan anak bangsa? Cintailah produk Indonesia mulai dari hal kecil.

Related Articles

Back to top button