Kabar IndonesiaNasional

Sebagai Warga Negara Indonesia Kamu Perlu Tahu Asal Usul Nama Indonesia

ENERGIBANGSA.ID – Negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak diantara dua benua yakni benua Asia dan benua Australia.

Apakah sobat pernah betanya-tanya dalam hati, sebenarnya siapa yang memberi nama Indonesia ? kapan pertama kali nama Indonesia di pakai ? dan kenapa diberi nama Indonesia ? sebagai bagian dari warga negara Indonesia sepatutnya kita tau mengenai hal ini.

Nama Indonesia sendiri sudah berseliweran dalam berbagai aktivitas politik kaum pergerakan sebelum Indonesia merdeka. Dalam proses ajar mengajar yang dilakukan di bangku sekolah memang tak pernah dibahas secara detail mengenai asal usul nama Indonesia sendiri.

Dilansir dari berdikarionline.com berikut asal-usul nama Indonesia yang berhasil tim energibangsa.id rangkum

Nama Indonesia sendiri pertama kali muncul pada tahun 1850 disebuah majalah ilmiah dengan judul Journal of The Indian Archipelago and Eastren Asia (JIAEA) yang terbit di Singapura. Pada saat itu nama negara kita masih India, karena sering tertukar dengan nama negara lain akhirnya Richardson Logan dan George Samuel Windsor Earl mengusulkan nama untuk India.

Earl mengusulkan dua nama yakni Malayunesia dan Indunesia. Earl sendiri lebih condong memilih nama Malayunesia, namun Logan memilih nama keduan Indunesia dan mengubah huruf vokal U menjadi O sehingga terciptalah nama Indonesia.

Seorang Etnolog asal Jerman Adolf Bastian kemudian mempopulerkan nama Indonesai melalui sebuah buku dengan judul Indonesien Order Die InseIn Des Malayischen Die Volkev des Ostl Asien. Dalam buku ciptaan Bastian tersebut, dirinya menyebut kata Indonesia untuk merujuk pada pulau-pulau terbesar di tanah air seperti Jawa, Borneo (kalimantan), Celebes (Sulawesi), Molluken (Maluku) dan Sumatera.

Oleh penjajah Eropa negeri kita ini sebenarnya dinamai India. Nama ini sama dengan dengan India, akhirnya diberi imbuhan H sehingga menjadi Hindia. Sementara di bawah penjajahan belanda negeri kita disebut Nedherlanche-Indie yang berarti Hindia Kepunyaan Belanda. Btw Indie dibelakang kata Nederlanch bukan kopi senja ya sobat hihi

Tokoh pergerakan Indonesia Ki Hajar Dewantara juga mulai menggunakan nama Indonesia pada tahun 1913. Ki Hajar Dewantara ini mendirikan kantor berita untuk Bumiputera di Den Haag, Belanda dengan nma Indonesische Persbureau, yang disingkat IP.

Pada tahun 1922 para pelajar Indonesia di Negeri Belanda sepakat mengadopsi nama Indonesia. Mereka mengubah nama Organisasinya dari Indische Vereeniging menjadi Indonesische Vereeniging. Setahun berselang naman Indonesische Vereeniging berubah menjadi Perhimpunan Indonesia.

Nama Indonesia sendiri merebak saat sumpah pemuda dikumandangkan pada tahun 1928. Pada Kongres Pemuda Indonesia kedua ini mengikrarkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yakni Indonesia. Sejak saat itu Indonesia menjadi sebuah nama dari negeri yang diperjuangkan.

Related Articles

Back to top button