Teknologi

Seandainya Nyi Roro Kidul Menjadi YouTuber…

ENERGIBANGSA.ID – Profesi sebagai YouTuber kini benar-benar sedang digandrungi. Tak hanya perorangan, beragam instansi dan brand-brand pun saling sikut memproduksi konten yang ciamik untuk para pemirsanya.

Beberapa YouTuber asal Indonesia yang sukses mendulang jutaan viewers diantaranya ada Atta Halilintar, Ria Ricis, dan Raditya Dika.

Bahkan artis Kris Hatta yang kini tengah tersangkut kasus hukum pun kabarnya menyempatkan waktu untuk membuat channel YouTube, namun hal itu urung dilakukan karena ia kembali masuk ke dalam jeruji besi.

Melihat peluang yang ada, mengapa Nyi Roro Kidul tidak ikut menyelami ranah berbagi video ini ya? Jika kita bedah, sebenarnya Nyi Roro Kidul ini layak jadi YouTuber, lho.

Berikut beberapa alasannya.

Memiliki Pangsa Pasar

Dikutip Energi Bangsa dari Mediabpr, pangsa pasar adalah konsumen yang memiliki ciri tertentu seperti tingkat pendapatan, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan status sosial.

Dalam hal ini, pangsa pasar dari Nyi Roro Kidul adalah masyarakat Pulau Jawa baik pria maupun wanita. Utamanya yang tinggal di area gugusan pantai selatan.

Sama seperti Didi Kempot yang memiliki pangsa pasar masyarakat Jawa, ia dapat eksis hingga saat ini karena penggemarnya merasa relate dengan konten yang disajikan oleh Didi.

Hal serupa semestinya dapat ditiru oleh Nyi Roro Kidul. Dengan memperhatikan pangsa pasarnya, ia dapat menggaet segmen yang relate tersebut.

Sudah Dikenal

YouTuber Arief Muhammad semakin menanjak popularitasnya sejak ia membuat konten video-video di channel YouTube-nya.

Sebelum ia memutuskan untuk menekuni dunia ini, Arief terlebih dahulu dikenal sebagai seorang selebtweet dan penulis novel “Poconggg juga pocong”. Dengan modal pengaruh yang ia miliki di media sosial, channel YouTube milik Arief jadi mendapatkan banyak perhatian melalui jumlah subscribers dan viewers.

Nah, bukankah hal ini sama dengan Nyi Roro Kidul? Sang Ratu juga merupakan influencer untuk memberikan daya pikat pantai selatan. Ketika ia membuat channel YouTube, pasti akan sangat mudah baginya untuk meningkatkan traffic views dan subscribers-nya.

Tak hanya itu, dengan latar belakang kisahnya yang mengundang banyak rasa penasaran dari orang-orang, tentu akan banyak pula brand-brand yang memanfaatkan momen ini dengan mengajak kerja sama untuk sponsor product placement di videonya.

Banyak Konten

Seperti kata Bill Gates dalam esainya, “Content is The King“.

Ya, apalah artinya membuat channel YouTube tanpa adanya konten? Jika Nyi Roro Kidul ingin menjadi YouTuber, tak perlu bingung ingin menyajikan konten apa untuk Nyilicious (penggemar Nyi Roro Kidul). Ada banyak hal yang bisa dieksplorasi dan ditayangkan setiap minggunya.

Daerah pantai selatan kerap dijadikan tempat wisata oleh wisatawan domestik maupun luar negeri. Untuk itu, Nyi Roro Kidul bisa membuat konten review hotel dan resto secara informatif dan menarik.

Lalu untuk mendapatkan atensi dari pencinta alam, Nyi Roro Kidul juga bisa membuat video petualangan bawah laut lengkap dengan biota yang ada di dalamnya. Setelah menyelam dan menunjukkan terumbu karang, kemudian secara perlahan tubuhnya mulai berenang ke permukaan dan ada drone shoot yang mengarah ke dirinya lalu ia berteriak, “My Trip! My Adventure!“.

Rupawan

Meski ada pepatah mengatakan “Don’t judge the book by it’s cover“, namun tetaplah fisik menjadi daya tarik utama untuk kebanyakan orang.

Seperti penggalan lirik lagu JKT 48 yang berjudul Fortune Cookie,

“Meski banyak cowok bilang gadis ideal yang memiliki kepribadian baik, namun penampilan itu menguntungkan. Selalu hanya gadis cantik saja yang ‘kan dipilih menjadi nomor satu.”

Jika kita telaah, Nyi Roro Kidul memiliki privilege ini. Dalam beberapa lukisan yang berhasil diabadikan oleh sebagian orang, Nyi Roro Kidul digambarkan sebagai sosok yang molek, anggun, dan memiliki bentuk tubuh yang menawan.

Dengan visual yang indah itu, pastilah Nyi Roro Kidul dapat menyaingi ketenaran Kimi Hime meski ia masih newbie dalam dunia per-YouTube-an.

Jadi, apakah Nyi Roro Kidul masih ragu untuk menjadi YouTuber?

Kalau Nyi Roro Kidul baca artikel ini, boleh lho nanti ngajak collab Tim Energi Bangsa untuk masuk dalam videonya. Hehe.

Related Articles

Back to top button