fbpx
Gaya Hidup

‘Say Good Bye to Bau Mulut’ dengan Konsumsi 10 Bahan Makanan Ini

ENERGIBANGSA.ID – Salah satu hal yang paling menyebalkan dan bisa merusak penampilan kita ketika berada di luar rumah adalah bau mulut.

Saat berbicara dengan orang lain, terkadang kita tidak sadar bahwa aroma yang dikeluarkan dari mulut kita ternyata sangat mengganggu.

Apabila sudah terlanjur begitu, lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut hal yang bisa kamu konsumsi untuk menghilangkan bau mulut dengan cepat.

1.Teh hijau (green tea)

Teh hijau memiliki beberapa kandungan seperti polifenol, fluoride, vitamin C, vitamin K, kalium, kalsium, natrium, seng, karena itu banyak manfaat kesehatan dari teh ini. Salah satunya adalah menghilangkan bau mulut.

2.Buah melon, berri dan jeruk

Ketiga buah ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, vitamin C berfungsi untuk menekan bakteri penyebab bau mulut.

3.Almond dan jenis kacang lainnya

Kandungan protein, serat, kalsium dan zat besi yang ada dalam kacang-kacangan yang kaya serat bertindak seperti ‘sikat gigi kecil’ pada gigi dan dipercaya dapat menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

4.Permen karet tanpa gula

Mengunyah permen karet sampai dua puluh menit dapat meningkatkan aliran air liur. Hal itu dapat mempercepat waktu yang dibutuhkan air liur untuk mengeluarkan asam dalam mulut.

Waktu paling baik mengunyah permen non-sugar ini adalah segera setelah makan. Kamu bisa mengunyahnya sampai dua puluh menit dan setelah itu akan mempercepat waktu yang dibutuhkan.

Namun, permen yang dimaniskan dengan gula dapat meningkatkan kerusakan gigi – jadi cobalah permen karet yang dimaniskan dengan xylitol alternatif alami.

5.Yogurt

Mengkonsumsi yogurt adalah salah satu cara untuk menghilangkan bau mulut. Pasalnya, olahan susu ini mengandung probiotik, bakteri baik dan dapat membantu memerangi bakteri jahat.

Yogurt mampu secara efektif menghambat pertumbuhan bakteri yang terdapat di rongga mulut. Sehingga mencegah terjadinya bau tidak sedap dalam mulut.

Sebuah studi dari International Associations for Dental Research menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 3 ons yogurt bebas gula dua kali sehari selama enam minggu. Memiliki kadar senyawa penyebab bakteri yang lebih rendah.

6.Seledri

Sayuran segar seperti seledri mampu membantu menghasilkan air liur, yang membersihkan bakteri penghasil bau di mulut kamu.

Kandungan serat pada seledri mampu bertindak sebagai sikat gigi alami.

7.Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang paling ampuh menghilangkan bau mulut.

Selain itu, tekstur apel juga membantu dalam menghilangkan kelebihan plak di gigi. Apel dapat memberikan kelembapan pada mulut yang diperlukan untuk menghilangkan bakteri.

Selain itu, mengunyah apel dapat membantu memproduksi air liur yang menciptakan pembersih mulut alami.

Sehingga membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan, serta menjaga kesehatan rongga mulut.

8.Peterseli

Peterseli mengandung polifenol, bahan kimia alami yang menurut penelitian berhasil sebagai obat bau mulut dan bisa bermanfaat untuk menyegarkan napas kembali.

Kamu hanya perlu mengunyah tangkai peterseli dan napas pun akan segar kembali.

Tak hanya di mulut, peterseli juga memiliki kandungan herbal yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan memberi sensasi segar di perut.

9.Jahe

Jahe mengandung senyawa yang disebut 6-gingerol, yang merangsang enzim dalam air liur kita yang membantu memecah senyawa belerang di mulut.

Cobalah kombinasikan jahe, jus lemon, dan air hangat untuk pembilasan mulut yang mudah di rumah.

10.Rempah

Terakhir yang bisa kamu coba adalah mengkonsumsi bumbu-bumbu seperti kapulaga, ketumbar, atau biji adas yang akan mengeluarkan minyak untuk menetralkan bau mulut tidak sedap.

Campurkan bahan tersebut ke dalam makanan lainnya supaya lebih nyaman untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa bahan makanan yang bisa kalian konsumsi di saat darurat ketika mengalami bau mulut. Selamat mencoba! (ara/ EB)

Related Articles

Back to top button