fbpx
Nasional

Satgas Target Indonesia Akan Bebas Covid-19 Agustus Nanti, Benarkah?

SEMARANG, energibangsa.id—Dalam seminggu terakhir, kasus aktif Covis-19 di Indonesia mengalami penurunan.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo menuturkan bahwa ia optimis Indonesia bisa lebih cepat dalam mengendalikan angka Covid-19.

“Pada saat pertemuan seminggu yang lalu, angka kasus aktif kita berada di posisi 176 ribu, artinya ada 176 ribu orang yang statusnya dalam perawatan,” kata Doni Monardo dalam rapat koordinasi yang disiarkan di kanal YouTube Pusdalops BNPB, Minggu (14/2/2021).

Kasus aktif telah turun menjadi 161 ribu orang dan terjadi penurunan sebanyak 15 ribu orang dalam kurun waktu sekitar 1 minggu.

Oleh karena itu, Doni Monardo menargetkan Indonesia sudah dapat mengendalikan pandemi Corona pada 17 Agustus mendatang.

Menurutnya, target ini harus disertai dengan kebijakan dan kepatuhan masyarakat dalam mencegah penularan infeksi.

“Target kita adalah pada perayaan 17 Agustus yang akan datang, maka kita harus betul-betul terbebas dari COVID. Artinya, COVID betul-betul pada posisi yang dapat dikendalikan,” ujarnya.

Terlalu terburu-buru?

Dr Masdalina Pane dari Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) menjelaskan bahwa Satgas Penanganan Covid-19 terlalu terburu-buru dalam menyimpulkan kasus aktif Covid-19 di Indonesia.

Seharusnya, hal yang harus dilakukan saat ini adalah melakukan tracing sebanyak-banyaknya, sehingga orang yang terkena Covid-19 dapat segera terdeteksi dan ditangani.

“Mencari kasus dan suspek sebanyak-banyaknya, baru dilakukan testing. Setelah dites, jadi yang dites adalah suspek dan kontak erat punya gejala. Kalau kontak erat nggak punya gejala langsung dikurung selama 14 hari,” kata dr Pane saat dilansir dari detikcom, Selasa (16/2/2021).

Menurutnya, yang terpenting dilakukan saat ini adalah merencanakan logistik yang harus dipersiapkan dalam menangani COVID-19.

Seperti merencanakan tes, rumah sakit, tempat tidur, dan obat. (Nicola/EB)

Related Articles

Back to top button