fbpx
Energi Muda

Sandiaga Uno Akhirnya Jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ini Profilnya

SEMARANG, energibangsa.id—Sosok pengusaha sekaligus politisi muda, Sandiaga Uno menjadi salah satu sosok yang disebut dalam reshuffle kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Jokowi (Jilid 2).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu tercatat sudah enam kali ditawari kursi menteri. Namun ia selalu menolaknya.

“Sebelumnya sudah sempat enam kali ditawari kursi menteri, tapi beliau belum berkenan. Hingga waktu itu belum berkenan,” kata Kawendra seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu (2/12) lalu.

Kawendra mengatakan, pendapat masyarakat yang menyebut Sandiaga Uno pantas untuk menduduki posisi menteri adalah hal yang sah.

Kini, pengusung konsep “OKOCE” itu resmi menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Whisnutama Kusubandio.

Profil singkat

Sandi adalah pria kelahiran Pekanbaru, Riau pada 28 Juni 1969. Ia adalah seorang pebisnis yang telah banyak ‘makan garam’. Sandi memulai bisnis antara lain di bidang keuangan dengan melalui PT Saratoga Advisor.

Sandi sukses dengan perusahaannya, sekaligus berhasil mengambil alih beberapa perusahaan lain. Atas kesuksesannya itu, Forbes bahkan pernah menempatkan Sandi di posisi ke-29 sebagai orang terkaya di Indonesia pada 2009.

Sosok politisi muda

Tak hanya menjadi pengusaha, Sandi juga dikenal sebagai salah satu politisi nasional. Karir politik bermula dari keikutsertaannya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Oktober 2017.

Ia mencalonkan diri menjadi wakil gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan. Dan berhasil memenangi Pilkada.

Sandi juga pernah tercatat sebagai calon wakil presiden 2019, berdampingan dengan Prabowo Subianto. Namun Pilpres 2019 lalu dimenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Yang jelas, kini, Sandiaga benar-benar menjadi menteri Jokowi. Sekaligus memperkuat Kabinet Indonesia Maju hasil reshuffle. (dd/EB)

Related Articles

Back to top button