fbpx
Nasional

Sambut Harlah NU Ke-98, GP Ansor Ranting Tulungrejo Banyuwangi Gelar Lomba Mancing

BANYUWANGI, energibangsa.id—Ada berbagai macam cara untuk menyambut Hari Lahir (Harlah) NU ke-98, salah satunya menggelar lomba mancing.

Hal itu sebagaimana dilakukan oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ranting Tulungrejo kecamatan Glenmore kabupaten Banyuwangi, Senin (15/02/2021) kemarin.

M. Agil menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk mengenalkan Nahdlatul Ulama (NU) kepada masyarakat khususnya pecinta mancing.

Selain itu, menepis anggapan bahwa kegiatan pemuda NU itu berorientasi pada keagamaan.

Ketua Ansor Ranting Tulungrejo tersebut memastikan bahwa kegiatan tersebut semata-mata untuk dakwah, yakni mengenalkan NU pada masyarakat luas.

“Saya telah sepakat dengan sahabat Ansor lainnya, bahwa pendekatan yang kami gunakan adalah fiqih dakwah bukan fiqih ibadah”, tutur Gus Agil.

Alumni Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk tersebut mengutarakan bahwa kegiatan ini berangkat dari hasil musyawarah kepanitiaan.

Uang pendaftaran untuk dhuafa dan yatim

Di mana hasil dari pendaftaran peserta digunakan untuk santunan kepada kaum dhuafa dan yatim yang ada di desa Tulungrejo.

“Hasil dari pendaftaran akan didistribusikan kepada kaum dhuafa dan yatim pada acara puncak Harlah NU Ke-98 yakni, pada tanggal 27 Februari nanti”, jelas Gus Agil.

Sambut Harlah NU Ke-98, GP Ansor Ranting Tulungrejo Banyuwangi Gelar Lomba Mancing

Di samping itu, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh seluruh Banom di bawah naungan NU seperti, Ranting NU, Muslimat, LAZISNU, Fatayat, Banser dan Pagarnusa.

Tak hanya itu, kegiatan ini dibuka dan sekaligus diapresiasi langsung oleh Tanfidziah Majelis Wilayah Cabang NU (ketua MWCNU) Glenmore, Gus Samsul Anam, LC menegaskan, kegiatan ini sangat cocok untuk kalangan muda Ansor.

Tak hanya itu, lebih lanjut, Gus Samsul mengajak para peserta untuk bersama merawat dan menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).

Karena era sekarang, menurutnya, Indonesia sudah disusupi oleh kelompok-kelompok pemecah belah dan ini tentu menjadi peringatan bagi masyarakat di bawah naungan NU.

Oleh sebab itu, mari kita jaga kekompakan kita untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Selama kegiatan ini ditujukan untuk dakwah, maka saya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh sahabat-sahabat Ansor Ranting Tulungrejo ini,” tandasnya. (saiful bari)

Related Articles

Back to top button